ZONAUTARA.com — Keterampilan berpikir logis, merupakan kemampuan untuk dapat mengikuti alur berpikir dengan menghubungkan pernyataan satu demi satu hingga mendapatkan kesimpulan paling masuk akal. Setiap hari, kita pasti menghadapi logika berpikir.

Katakanlah anda sedang melakukan transaksi e-commerce dengan beberapa tawaran diskon. Anda akan menghitung jenis belanjaan apa dengan pasangan diskon yang paling menguntungkan anda. Hal itu juga termasuk berpikir logis.

Namun jika anda selalu kebingungan dan butuh waktu sangat lama untuk menentukannya, anda perlu untuk mengikuti tips yang akan disajikan berikut ini. Anda tak perlu khawatir, karena keterampilan berpikir logis dapat dipelajari dan diasah untuk meningkatkannya.

Pada bagian otak kiri anda, mereka bertanggung jawab untuk aktivitas seperti logika, analisis, bahasa, dan angka.

1. Pelajari jenis kesalahan berpikir (Logical Fallacy)

Kesalahan berpikir merupakan kesalahan dalam menyusun logika. Sehingga alasan dalam berargumen pun tidak tepat.

Ada beberapa macam kesalahan berpikir yang perlu anda pahami dan hindari. Salah satunya, saat anda melakukan diskusi maupun debat dengan topik tertentu, namun tiba-tiba rekan diskusi anda menyerang fisik anda, bukan substansi argument yang anda ajukan. Hal ini merupakan kesalahan berpikir Ad Hominem.

Masih banyak lagi kesalahan berpikir yang harus anda pelajari sebelum anda belajar lebih lanjut tentang berpikir logis. Ketika anda sudah memahami, maka anda bisa menghindarinya ketika melontarkan argumen.

2. Perluas perspektif anda

Untuk dapat mengasah logika berpikir anda, perluas perspektif, dan memusatkan dunia hanya pada diri sendiri. Dengan memperluas perspektif, anda bisa mengetahui dan mempelajari apa yang dipikirkan orang, dan bagaimana mereka menyusun rencana dan strategi hingga lahir keputusan dan tindakan mereka.

Dengan begitu, anda bisa mempelajarinya dan menerapkan hal yang tepat untuk anda.

3. Selalu buat strategi sebelum mulai melakukan sesuatu

Selalu membuat strategi dan perencanaan dalam melakukan sesuatu, akan mengasah logika berpikir anda. Saat membuat rencana, anda pasti akan memikirkan banyak faktor dan banyak jalan. Dari situ, anda bisa mencari jalan paling efektif dan efisien dengan menggunakan penalaran anda.

4. Pahami makna kata dengan hati-hati

Memahami makna kata akan mengasah logika. Pelajari tentang silogisme, cari tahu lebih lanjut tentang hal tersebut dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menonton film dan buku bergenre misteri

Buku dan film dengan genre misteri akan membantu anda meningkatkan logika berpikir anda. Cara mereka menuntut penonton untuk berpikir bersama dengan tokoh utama akan membuat otak terasah dan berusaha mencari petunjuk dan jalan keluar bersama.

6. Bermain game untuk mengasah logika

Ada banyak permainan ponsel yang difungsikan untuk mengasah logika. Anda bisa memainkannya di waktu senggang. Namun ingat! Jangan sampai ketagihan sampai mengabaikan kewajiban anda, ya!