ZONAUTARA.COM — Usai meninjau vaksinasi Covid-19 yang melibatkan seribu orang pelajar di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap para siswa segera mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) setelah melakukan vaksin. yang disiarkan secara langsung, dalam kanal YouTube sekretariat presiden, Kamis (02/09/2021).

Jokowi mengapresiasi vaksinasi yang terselenggara di Kabupaten Pesawaran. Dia berharap program itu bisa menekan penularan Covid-19 di lingkungan sekolah, saat sekolah dibuka kembali.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona Kaligis, menyampaikan harapan serupa. Ia berterima kasih kepada pemerintah pusat, atas pasokan vaksin Covid-19 untuk para pelajar.

“Alhamdulillah, hari ini kami mendapatkan alokasi vaksin dari Presiden, seterusnya nanti akan tambah kembali oleh Pak Presiden, demi memperlancar PTM yang selama ini sudah dinantikan,” kata Dendi.

Sebelumnya, pemerintah mendorong sekolah-sekolah untuk segera melaksanakan PTM setelah pelandaian kasus Covid-19. Mendikbud Ristek Nadiem Makarim berkata, PTM harus segera dilakukan agar para pelajar tak mengalami learning loss.

Nadiem menyampaikan sekolah-sekolah di daerah level 3, 2, dan 1 boleh menyelenggarakan PTM. Ia menyebut sekolah boleh kembali belajar tatap muka tanpa harus menunggu semua guru dan murid divaksinasi.

Sementara, Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (23/08/2021) lalu, menyebutkan, saat ini Indonesia tidak memiliki opsi lain.

“Kita harus sekolah dalam kondisi virus ini. Itu adalah realitanya,” tandasnya.