Update Covid-19 di Indonesia per 3 September: kasus kematian 574

Kontributor
Penulis Kontributor



ZONAUTARA.COM — Update kasus Covid-19 di Indonesia per Jumat 3 September 2021 mengalami pertambahan sebanyak 7.797 kasus positif.

Sehingga, akumulasi kasus positif sejak Maret 2020 hingga saat ini menjadi 4.116.890 kasus

Berdasarkan data yang diolah oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh per 3 September 2021, bertambah sebanyak 15.544.

Sehingga akumulasi pasien sembuh sejak Maret 2020 hingga saat ini menjadi 3.813.643 pasien.

Dari total kasus positif, sebanyak 134.930, di antaranya telah meninggal dunia. Pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi virus corona bertambah 574 dari hari sebelumnya. Jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 209.289. Kasus aktif turun 8.321 menjadi 168.317.

Pandemi virus corona masih melanda Indonesia. Sempat mengalami lonjakan kasus beberapa pekan setelah Idulfitri 2021, kini penurunan terjadi secara signifikan. Baik angka kasus baru, maupun pasien yang meninggal dunia. Tingkat pasien yang di rumah sakit pun telah menurun drastis.

Meski demikian, pemerintah masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah. Level penerapan PPKM disesuaikan dengan tingkat penularan di masing-masing daerah.

PPKM berlaku hingga 6 September mendatang. PPKM juga telah diperpanjang lebih dari 5 kali. Menko Marves Luhut Pandjaitan pernah mengatakan bahwa, PPKM akan terus berlaku selama virus corona masih menjadi pandemi di tanah air.

Selain melakukan tes dan pelacakan untuk mendeteksi kasus virus corona, pemerintah juga menjalankan program vaksinasi. Program itu dilakukan guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kendati demikian, pemerintah daerah hingga saat ini sering mengeluhkan stok vaksin yang terlampau masih sedikit. Hal tersebut menyebabkan terhambatnya proses vaksinasi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com