ZONAUTARA.COM — Pernahkah anda merasa harus melakukan sesuatu dengan ide-ide baru, namun tak satupun hal lewat di kepala anda? Hal itu pasti sering terjadi bukan? Tak sekali dua kali kita merasa tidak punya ide sama sekali untuk memulai sesuatu.

Padahal, banyak hal yang bisa kita gali dan dalami hanya dengan lebih banyak membuka mata pada dunia luar. Dunia ini sangat luas, tentu banyak hal yang bisa menjadi sumber ide dan karya anda.

Agar tak selalu buntu dan merasa tidak punya ide sama sekali, berikut merupakan cara untuk mencari dan mematangkan ide di berbagai bidang.

1. Lakukan brainstorming

Brainstorming atau pertukaran ide dapat dilakukan dengan siapa saja, dan kapan saja. Anda bisa mengajak rekan kerja anda berdiskusi tentang suatu topik, maka beberapa jam kemudian anda merasa tercerahkan dan mendapat banyak pandangan.

Jangan membatasi brainstorming hanya dengan orang yang ahli dan terbiasa dengan suatu bidang saja. Pendapat awam pun bisa menjadi referensi anda dalam membuat ide baru. Terbukalah dengan pendapat apapun.

Selain brainstorming lewat diskusi, anda juga bisa menambah referensi dengan membaca, menonton, mendengar, dan lain sebagainya.

2. Lakukan apapun, temukan apapun

Selain mencari referensi lewat membaca, bercerita, diskusi, menonton, dan lain-lain, anda juga bisa melakukan apapun dan menemukan apapun di luar kebiasaan anda.

Misalnya, anda tak pernah mendatangi pasar malam. Maka datangi, cari apapun yang bisa menjadi sumber ide anda. Dobrak zona nyaman anda dan cobalah berbagai macam hal baru yang tak pernah anda pikirkan sebelumnya.

3. Fokus dan istirahatkan kepala anda

Ketika anda telah menemui banyak pengetahuan, pandangan baru, dan referensi dari berbagai sumber, maka inilah saat yang tepat untuk mengistirahatkan kepala anda.

Beri waktu kepala anda untuk mengistirahatkan diri. Jangan selalu diforsir. Jika ia lelah, bisa jadi ide-ide kreatif tak kunjung muncul.

4. Selalu simpan ide yang muncul

Ada bisa menyimpan ide yang muncul dengan tulisan di catatan kecil, atau catatan di handphone anda. Tulis semua ide yang keluar dari kepala anda.

Jangan pernah menunda arsip ide tersebut karena ia bisa saja hilang di tengah jalan jika anda tak segera menuliskannya. Simpan semua ide dari yang paling aneh hingga paling realistis.

5. Hubungkan dengan data dan informasi yang ada

Ide tak bisa hanya menjadi ide. Anda harus menghubungkan ide tersebut dengan kondisi kekinian dan data yang ada, agar ide tersebut dapat dikembangkan ke arah selanjutnya.

6. Ciptakan strategi eksekusi ide

Setelah menghubungkannya dengan kondisi kekinian, ciptakan strategi paling tepat untuk mengeksekusi ide anda. Sesuaikan tujuan dan kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya.