ZONAUTARA.COM — Semenjak kemunculan google maps atau peta digital lainnya, penggunaan peta kertas konvensional seolah tak penting lagi. Padahal, peta kertas memiliki banyak manfaat dan kelebihan dari peta digital.

Sekarang, anda bisa mengecek dashboard mobil anda. Apakah ada peta kertas di situ? Jika tidak, maka isilah sesegera mungkin karena ia memiliki banyak kelebihan yang tak pernah anda bayangkan sebelumnya. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tak perlu khawatir saat tak ada sinyal

Peta kertas akan selalu ada di dashboard mobil anda meski anda berada dalam kondisi dan siatuasi apapun. Ia akan selalu menyajikan jalan dan letak tujuan anda tanpa ada perubahan karena faktor tertentu, apalagi faktor yang datang secara dadakan seperti hilangnya sinyal.

Berbeda dengan map digital. Karena mengandalkan internet dalam penggunaannya, bisa jadi anda akan kehilangan sinyal di tengah perjalanan, dan anda akan bingung jalan yang harus anda tuju, bukan?

Meski google maps sudah memiliki fitur untuk anda mengunduh peta perjalanan sebelum melakukan perjalanan, namun untuk berjaga-jaga, tetap letakkan peta kertas di dalam dashboard mobil anda.

2. Peta kertas memiliki sedikit gangguan dan membuat anda lebih memperhatikan jalanan

Saat anda menggunakan maps digital, anda akan lebih sering memperhatikan peta digital anda dengan melakukan zoom in zoom out dan memperkirakan waktu sampai, daripada menikmati perjalanan. Hal tersebut merupakan gangguan tersendiri bagi seorang pengemudi.

Sedangkan, ketika anda berpatokan pada peta kertas, anda akan berusaha menghafal jalan sebelum berangkat, dan menikmati perjalanan. Jika anda tersesat, anda tak perlu panik. Cukup dengan berhenti dan melihat peta sekali lagi.

3. Menghabiskan waktu lebih sedikit di perjalanan

Sebuah penelitian yang berjudul Relationships between Methods for Presenting Information on Navigation Tools and Users’ Wayfinding Behavior, dilakukan untuk menguji mana yang lebih cepat antara menggunakan peta kertas, dan peta digital. Hasilnya, pengguna peta kertas lebih cepat, karena kurangnya gangguan seperti tersesat dan salah arah.

Hal ini terjadi karena saat menggunakan peta digital, anda akan kurang memperhatikan lingkungan sekitar. Hal tersebut mencegah anda mencari jalan yang lebih efektif dan efisien.

Saat anda mengandalkan peta kertas, anda memperhatikan dunia nyata agar sejajar dengan peta. Anda akan menggali banyak informasi di dunia nyata, dan membuat anda lebih cerdas dan cepat dalam menentukan arah.

4. Bisa mempertajam memori anda

Dengan menggunakan peta konvensional, anda akan melihat dunia nyata dan lingkungan sekitar, beserta tanda jalan, ciri-ciri rumah, dan lain sebagainya, yang akan membuat ingatan anda lebih tajam. Jika anda melewati jalan itu lagi ketika pulang, anda bisa lebih mengingatnya.

Maka dari itu, jangan pernah membuang peta kertas dari mobil anda, ya!