Mengapa kita perlu belajar ilmu filsafat?

  • Share
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.COM — Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena hidup dan pemikiran manusia dalam konsep yang mendasar. Ia tidak berasal dari percobaan-percobaan sains, namun dari logika berpikir manusia.

Filsafat juga memuat pemahaman kita tentang realitas, pengetahuan, dan bagaimana kita hidup. Filsafat sering disebut dari dasar segala ilmu. Ketika kita membuat penilaian tentang baik buruk baiknya sesuatu, kita mengandalkan filosofi. Ketika kita merangkai pemikiran logis, kita juga butuh filosofi.

Memangnya, apa saja manfaat dari beelajar ilmu filsafat?

1. Belajar memahami, menganalisis, dan mengevaluasi logika, argumen, dan masalah yang kompleks

Lewat ilmu filsafat, gagasan yang kompleks bisa kita bedah dan evaluasi secara mendetail. Filsafat mengajak kita membedah pemikiran hingga ke titik paling dasar. Sehingga banyak masalah-masalah kompleks yang bisa kita selesaikan ketika belajar tentang ilmu filsafat.

2. Belajar bagaimana menyusun ide dan pendapat secara terorganisir

Ilmu filsafat tak hanya membuat kita melakukan analisis dan mengevaluasi argumen, namun juga membekali kita dengan pikiran dan ide yang teratur dan sistematis sebagai proses dialektika.

Baca Pula:  10 Perempuan paling berpengaruh di dunia teknologi saat ini

3. Belajar membuat penilaian berdasarkan etika dan moralitas

Lewat ilmu filsafat, kita bisa menentukan dan memberi penilaian terhadap baik buruknya sesuatu dari kacamata etika dan moral.

Dalam hidup, moralitas memang selalu ada dan beriringan dengan kita. Ilmu filsafat akan membantu kita membuat penilaian tersebut.

4. Wawasan akan melebar dan bertamabah luas

Seperti yang telah disebutkan, banyak yang mengatakan bahwa ilmu filsafat merupakan dasar dari banyaknya ilmu. Untuk lebih memaknai ilmu, maka diperlukan pembelajaran mengenai filsafat. Dari akar filsafat yang kokoh, kita tentu bisa melebarkan pengetahuan dan dihubungkan dengan ilmu filsafat.

Filosofi dapat dikembangkan pada ilmu-ilmu lain seperti matematika, fisika, psikologi, dan lain-lain. Dengan memahami ilmu filsafat, kita juga bisa perlahan-lahan memahami pemikiran ilmu di bidang lainnya.

Baca Pula:  Penelitian ini ungkap arti gonggongan anjing

5. Tidak hanya menyusun teori, namun juga menerapkan dan mempresentasikannya

Ilmu filsafat tak hanya berhenti pada teori yang mengawang-awang di atas kepala, namun sangat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menentukan jalan mana yang akan kita pilih, nilai seperti apa yang kita pegang dalam menjalankan berbagai macam urusan.

6. Menyadari pentingnya penalaran filosofis, argumen dan pandangan yang telah berkembang di masa lalu

Berkembangnya ilmu filsafat di masa lalu, akan membuat kita menghargai para tokoh-tokoh pemikir di masa lalu yang masih relevan dan dipergunakan di era sekarang. Ide filosofis yang beragam di masa lalu akan menemukan relevansinya di masa sekarang dan masa-masa berikutnya.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com