ZONAUTARA.comBusiness coach atau pelatih bisnis memang sedang banyak dibicarakan. Perannya sangat penting sebagai katalis bagi pebisnis, untuk mengenali dan mengoptimalkan kemampuannya.

Beberapa bisnis, membutuhkan pelatih untuk menunjukkan jalan dan menjawab berbagai macam pertanyaan. Kehadiran pelatih bisnis ini pun memiliki beragam manfaat. Di antaranya, mereka bisa mendorong anda untuk memikirkan banyak hal dan banyak kemungkinan, serta peluang.

Seorang pelatih bisnis juga akan mendorong anda untuk mengeluarkan dan menerapkan potensi dalam berbisnis dan memecahkan masalah secara optimal. Bisnis coach juga bisa membuat anda merasa lebih bertanggung jawab dengan bisnis yang anda bangun.

Masih butuh alasan mengapa anda membuthkan seorang pelatih bisnis? Simak uraian lengkapnya berikut.

1. Maju dan berubah ke arah yang lebih baik

Ketika anda mengalami stuck dalam bisnis dan kebingung ke mana arah yang akan anda lewati, memilih pelatih bisnis adalah solusi yang tepat. Anda merasa anda butuh untuk menggerakkan bisnis supaya tak berjalan di tempat yang itu-itu saja.

Tak hanya ketika dalam keadaan stuck, ketika anda merasa kehilangan tujuan, atau anda bingung ke mana harus fokus, atau proses perekrutan yang memusingkan, anda bisa bercerita ke pelatih bisnis anda, ke mana perubahan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Anda tidak mengetahui banyak hal

Dalam membangun bisnis, anda bisa coba-coba. Namun, ketika anda memiliki peluang lebih besar dari sekadar coba-coba, dan tak bisa mengukur keberhasilannya, lebih baik anda mendatangi pelatih bisnis.

Anda juga tak banyak mengetahui dan terampil dalam semua hal. Anda pasti punya batasan pengetahuan. Untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan itu, pelatih bisnis datang untuk mengisi kekosongan pengetahuan tersebut.

3. Melawan peluang gagal

Di Amerika Serikat, empat juta bisnis baru bermunculan dalam waktu satu tahun. Delapan puluh persennya akan gagal dalam waktu lima tahun pertama. Dari bisnis yang bertahan, delapan puluh persennya lagi akan gagal dalam lima tahun ke depan. Tentu anda tidak menginginkan hal itu terjadi pada bisnis anda bukan?

Bayangkan bahwa anda hanya memiliki empat persen peluang berhasil dalam sepuluh tahun pertama membangun bisnis. Anda tentu butuh orang lain untuk mensupport kemajuan anda. Anda butuh orang lain agar bisa melawan peluang gagal, dan menembus satu dari empat persen tersebut. Untuk itu, yang anda butuhkan adalah pelatih bisnis.

4. Anda ingin mengembangkan sayap bisnis lebih lebar lagi

Anda bisa mengembangkan bisnis anda dengan cara yang lambat atau cepat. Cara lambat dilakukan dengan mencoba sendiri, bangkit dan terjun lagi, trial dan error. Namun, cara cepat bisa dilakukan dengan mengambil pengetahuan dan keterampilan orang lain. Meski tak menutup kemungkinan untuk menemui kegagalan, tapi dengan resiko yang minim.