ZONAUTARA.COM — Menyelesaikan SMA dan merencanakan kelanjutan studi di perguruan tinggi memang membutuhkan perencanaan yang matang. Kamu tak bisa serta-merta memilih apa yang kamu inginkan tanpa memperhatikan berbagai pertimbangan, salah satunya orang tua.

Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Kekhawatiran tersebut diwujudkan dengan cara yang berbeda-beda. Hal yang menjadi pertimbangan pun banyak. Tak hanya tentang jurusan, namun juga kampus dan tempat tinggal ketika kamu kuliah nanti.

Jika pendapat kamu dan orangtua berseberangan, maka kamu perlu membujuknya agar ia memahami apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Berikut merupakan tips meyakinkan orang tua saat merencanakan studi di perguruan tinggi.

1. Jujur tentang keinginanmu

Komunikasi yang jujur dan gamblang, menjadi salah satu cara yang efektif untuk saling mengutarakan isi pikiran. Jika pendapatmu tentang pilihan jurusan, kampus, atau yang lain berseberangan dengan orang tua, maka ungkapkan apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Katakan padanya apa yang selama ini menjadi kekuatan kamu, baik pengetahuan maupun keahlian. Lalu apa yang kamu cita-citakan dan berbagai macam latar belakang keputusan kamu. Ucapkan dengan gamblang.

Kamu pun perlu mendengarkan pendapat mereka dan lakukan diskusi secara sehat untuk menentukan yang terbaik.

2. Jelaskan apa yang kamu ketahui dan prospek kerja di masa depan

Kebanyakan orangtua khawatir akan pilihan anak-anaknya tentang prospek dan peluang di masa depan, apabila mengambil suatu jurusan tertentu.

Apabila kamu sangat menginginkannya, jelaskan pada orang tua kamu tentang jurusan tersebut; apa yang dipelajari, dan prospek pekerjaan di masa depan secara umum. Bisa jadi, orang tua kamu menolak keputusan kamu karena mereka tidak paham, bukan karena tidak mau.

3. Paparkan tentang biaya dan keuangan saat kuliah

Permasalahan tentang persiapan kuliah memang banyak berputar di pemilihan kampus dan jurusan. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa bisa jadi keuangan menjadi kendala utama.

Maka dari itu, jelaskan secara detail pada orang tua kamu tentang biaya kuliah, dan beasiswa apa saja yang dapat diambil. Kamu juga bisa melakukan kerja paruh waktu jika dibutuhkan. Diskusikan tentang biaya dengan jelas agar kamu tak menemui halangan ketika melakukan studi.

4. Obrolkan tentang di mana kamu tinggal saat kuliah

Beberapa orang tua tidak tega melepaskan anaknya untuk merantau. Hal tersebut bisa menjadi alasan terhambatnya pilihan kamu tentang lokasi kampus impian.

Kamu bisa membicarakannya dengan orang tua. Katakan dengan percaya diri bahwa kamu bisa menjaga diri di perantauan dan tidak membuat orang tua khawatir.