ZONAUTARA.com — Memiliki masa tua dengan tabungan yang melimpah dan tak perlu memikirkan pekerjaan lagi memang merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Jumlah tabungan anda di masa tua, tentunya ditentukan oleh bagaimana cara anda memanajemen uang saat ini.

Maka dari itu, lakukan manajemen keuangan yang baik di masa muda anda. Prioritaskan hal-hal yang dibutuhkan, dan pilah mana barang yang tak anda butuhkan yang sebaiknya dimasukkan ke dalam tabungan.

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa kamu tekan biayanya agar bisa pensin lebih awal.

1. Rumah

Tidak masalah jika saat ini anda berniat untuk membeli banyak rumah dengan niat investasi. Tapi jangan sampai sembarangan dalam memilih rumah yang akan anda beli.

Banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan investasi rumah atau properti. Misalnya, pajak property, biaya renovasi, harga sewa jika anda mau menyewakannya, dan asuransi juga biaya hipotek.

Jangan sampai melakukan investasi rumah dan membeli banyak rumah, namun anda tidak paham pengeluaran apa saja yang harus dilakukan sehingga malah merusak manajemen keuangan anda.

3. Makanan di luar

Menikmati santapan di luar rumah memang menyenangkan. Anda bisa berkumpul dengan teman, bercengkerama di sana, sekaligus mengikuti tren restoran atau café-café fancy yang baru.

Namun ingat, bahwa membeli makanan di luar akan menguras kantong anda jika dibandingkan dengan memasak di rumah. Luangkan sedikit waktu anda untuk membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri.

Lakukan hal tersebut kurang lebih selama satu minggu, kemudian coba bandingkan pengeluaran anda. Memasak sendiri di rumah tentu lebih hemat.

3. Langganan layanan situs streaming

Kebutuhan kita akan hiburan memang perlu untuk dipenuhi. Salah satu media hiburan yang banyak diminati saat ini adalah situs layanan streaming berbayar.

Banyak sekali jenis situs layanan streaming ini. Anda mungkin menyukai semua isi film atau series yang disajikannya. Namun, apakah perlu anda berlangganan semua jenis situs streaming? Sebaiknya tidak.

Jika memang kebutuhan hiburan anda terletak di situ, cukup pilih satu situs yang memiliki banyak isi yang memenuhi preferensi anda. Sisanya, anda bisa mencari hiburan gratis dan menjaga kantong anda untuk ditabung di hari tua.

4. Kendaraan dan barang elektronik baru

Kendaraan dan barang elektronik memang merupakan kebutuhan utama dan primer yang harus dipenuhi bagi sebagian orang. Namun, jika anda membeli barang elektronik dan kendaraan yang bukan karena kebutuhan, melainkan tren, sebaiknya anda berhenti sekarang.

Memiliki kendaraan tentu akan menghabiskan biaya untuk bahan bakar, perawatan, pajak, dan masih banyak lagi. Gunakan kendaraan dan barang elektronik sesuai dengan kebutuhan, tak perlu mengikuti tren. Masukkan uangmu ke dalam tabungan saja agar bisa pensiun lebih cepat.