ZONAUTARA.com — Beberapa mahasiswa memilih melakukan kerja paruh waktu sembari kuliah. Selain untuk menambah pemasukkan, kerja paruh waktu juga dapat dilakukan untuk menambah pengalaman sebelum lulus.

Kerja paruh waktu dapat dilakukan di berbagai bidang dan dengan berbagai cara. Ada yang dilakukan secara langsung, ada pula yang dilakukan dengan jarak jauh.

Namun, sebagai mahasiswa, tentu anda perlu memiliki strategi manajemen waktu dan bisa menyeimbangkan antara kebutuhan dalam kuliah dan pekerjaan. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang sekaligus melakukan kerja paruh waktu.

Untuk itu, ikuti beberapa tips berikut ini agar anda bisa menyeimbangkan waktu untuk kerja dan kuliah.

1. Lokasi kampus menentukan banyaknya pekerjaan

Pekerjaan paruh waktu tentu akan lebih banyak ditemukan di daerah perkotaan dengan aktivitas dan penduduk yang banyak.

Maka dari itu, jika tempat kuliah anda berada di kota dengan aktivitas masyarakat yang cukup tinggi, maka akan lebih mudah menemukan pekerjaan. Namun, jika kampus anda terletak di pinggir kota, tentu pilihan dalam pekerjaan paruh waktu lebih sedikit.

Namun tak usah khawatir, karena adanya pandemi, anda bisa melakukan kerja paruh waktu secara remote dari rumah atau indekos anda.

2. Cari lokasi kerja yang dekat dengan kampus

Agar biaya akomodasi dan transportasi lebih sedikit, cari pekerjaan paruh waktu dengan lokasi yang dekat dengan kampus. Jika anda bekerja di dekat kampus, maka selain biaya transportasi yang bisa lebih ditekan, anda juga bisa bolak-balik lokasi dan kampus jika ada keperluan mendadak.

3. Sesuaikan jadwal kelas dan jadwal kerja

Hal ini adalah poin paling utama untuk menyesuaikan jadwal kerja paruh waktu dengan jadwal kelas di kampus. Jangan sampai jadwal pekerjaan anda bertabrakan dengan aktivitas kelas anda.

Sesuaikan juga dengan jadwal kegiatan ekstrakulikuler atau klub jika anda memiliknya. Ketika anda bisa mengatur jadwal antara kelas, belajar, club, dan bekerja, tentu anda akan memiliki kompetensi manajemen waktu lebih unggul dari yang lainnya.

4. Fokus saat bekerja, fokus pula saat belajar

Anda perlu fokus saat bekerja dan fokus saat belajar. Jangan sampai kelas anda terganggu oleh pekerjaan paruh waktu anda, begitu juga sebaliknya. Seimbangkan keduanya.

Namun, jika pekerjaan paruh waktu anda bisa dilakukan dengan belajar, anda bisa melakukannya daripada tidak melakukan apapun.

5. Lakukan self-reward

Melakukan kerja paruh waktu dan menyelesaikan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa tentu bukan perkara mudah. Anda sangat hebat karena sudah melakukannya dengan baik. Maka jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan self-reward agar lebih semangat dan termotivasi menjajaki langkah selanjutnya.