ZONAUTARA.com — Ketika anda terus-terusan berpikir dan bekerja, otak anda tentu akan kelelahan. Agar tak kelelahan, anda perlu melakukan exercise untuk otak anda.

Menurut penelitian terbaru, oleh Brittany Intzandt dari Concordia University, pelatihan memori atau otak, sama bermanfaatnya dengan latihan fisik dalam meningkatkan kesehatan otak.

Pada riset yang lain, Default Mode Network (DMN) pada otak dapat menjadikan stimulasi dari kegiatan eksternal menjadi hiburan atau latihan bagi otak itu sendiri. Salah satu cara menggali DMN adalah dengan mengingat peristiwa masa lalu. Beberapa permainan yang melibatkan memori juga dapat mengurangi kebosanan dan meningkatkan kesehatan otak.

Mengutip dari Psychology Today, berikut ini merupakan beberapa cara untuk melatih memori otak anda.

1. Atur menu makanan anda hingga satu minggu ke depan

Tak bisa dipungkiri bahwa makanan dapat membuat anda senang bukan? Dalam hal ini, buat daftar menu makanan untuk satu minggu ke depan agar anda tidak merasa bosan. Hal ini tentu bisa melatih otak anda agar segar dan tak bosan.

2. Benamkan diri anda ke dalam karya lukisan

Coba anda lihat karya lukisan terkenal. Pilih salah satu lukisan Vincent Van Gogh, Salvador Dali, atau yang lainnya. Resapi lukisan dan tiap goresan tintanya.

Bayangkan jika anda berada di dalam lukisan tersebut. apa yang anda pandangi, apa yang anda rasakan, dan apa yang anda lakukan di sana. Imajinasi terhadap lukisan itu bisa melatih otak anda.

3. Buat daftar nama teman-teman anda

Mungkin poin ini terlihat aneh karena terlalu tiba-tiba. Namun, dengan mengingat-ingat teman anda, maka bisa melatih memori anda.

Jika ada kesempatan untuk membuat daftar undangan di acara yang akan anda adakan, majulah di barisan paling depan untuk melakukannya. Ingat teman-teman anda, dan anda secara tidak langsung telah melakukan exercise otak.

4. Terapkan metode Loci

Metode Loci, merupakan Teknik mengingat yang mengasosiasikan objek dengan suatu tempat tertentu. Anda dapat menggunakan suatu tempat tertentu untuk menempatkan atau menyimpan objek tertentu. Dua hal ini ditentukan dalam pikiran anda. Dari situ, anda bisa mengunjungi tempat tertentu untuk mengingat objek yang diperlukan. Menarik bukan?

5. Rencanakan liburan

Menurut studi oleh UCLA’s Colin West, anda dapat memanfaatkan perencanaan liburan sebagai exercise untuk menuai manfaat emosional yang signifikan. Sama halnya dengan merencanakan menu makan, merencanakan liburan pun bermanfaat untuk melatih otak anda.

6. Mainkan game dengan stimulasi sensorik

Anda juga bisa bermain game yang dapat menstimulasi sensorik anda. Bisa dengan game menyusun puzzle, menyusun warna, dan lain-lain.