bar-merah

AMSI Sulut berkolaborasi dengan CekFakta mengadakan Pelatihan Literasi Berita, didukung Google News Initiative

ZONAUTARA.com — Sebagai upaya melawan mis/disinformasi yang terus dilakukan berbagai pihak, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut), menggelar kegiatan Pelatihan Literasi Berita (News Literacy) untuk publik selama dua hari, yaitu, Jumat dan Sabtu (10-11/09/2021).

“Kegiatan yang dilaksanakan AMSI Sulut mendapat dukungan Google News Initiative (GNI) dan berkolaborasi dengan CekFakta.com,” ujar Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hari, di Sekretariat Jalan Elang Raya 3, Malalayang 1 Timur, Manado, Kamis (09/09/2021).

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai upaya memperkuat pengetahuan dan keterampilan publik mengatasi mis/disinformasi.

“Media merupakan sumber informasi yang penting bagi publik, sehingga publik perlu diperkuat pengetahuan dan edukasi mereka memilih dan memilah informasi media sebagai pembanding informasi melawan hoaks,” tutur Pemred Barta1.com ini.

Sekretaris AMSI Sulut, Supardi Bado menjelaskan, literasi berita (news literacy) meliputi penguatan pengetahuan tentang peran dan manfaat media massa di masyarakat, serta cara kerja media massa. Literasi berita juga mencakup penguasaan keterampilan dan pengetahuan seputar produksi dan diseminasi informasi.

“Pelatihan ini juga penting agar masyarakat lebih kritis dalam menerima informasi. Dengan demikian, para jurnalis dan pemilik perusahaan media terpacu untuk meningkatkan kualitas konten atau pemberitaan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik,” kata Supardi.

Secara umum, kegiatan literasi berita sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan publik, terutama mahasiswa, pers kampus, akademisi, komunitas masyarakat sipil, dan jurnalis.

“Nantinya peserta akan diajarkan soal mekanisme kerja pers dan jurnalisme, meningkatkan kesadaran publik akan peran media sebagai rujukan informasi di tengah Covid-19, dan meningkatkan keterampilan masyarakat mengidentifikasi mis/dis informasi,” katanya.

Hingga saat ini peserta pelatihan cukup membludak, dan berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Utara.

“Pesertanya sangat beragam, dan telah mencapai 60 orang,” ujar Supardi.

AMSI dengan dukungan Google News Initiative dan Cek Fakta menyelenggarakan Training Literasi Berita (News Literacy) bagi publik, mahasiswa, akademisi, dan jurnalis, di 10 wilayah di Indonesia, yaitu: Kalimantan Barat, Aceh, Maluku-Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Papua-Papua Barat.

Sebelumnya, AMSI telah melakukan pelatihan terhadap 20 jurnalis, dari media anggota AMSI sebagai trainer Literasi Berita, kemudian melaksanakan training bagi publik.

Pada kedua training tersebut, AMSI mengadopsi kurikulum yang dirumuskan oleh Masato Kajimoto, Associate Professor di University of Hong Kong. Hingga akhir September, AMSI menargetkan setidaknya 300 orang dari berbagai unsur mendapatkan pemahaman terkait isu ini.

Narahubung:
Agustinus Hari (085225442001)
Supardi Bado (085240535881)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com