ZONAUTARA.com — Rintisan solusi digital untuk daerah masih gencar dilakukan. Program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) ini, telah berhasil menggelar beberapa road show besar di Sulawesi Utara, yang ditangani langsung oleh Regional Officer Manado. Melalui platform Zoom, Regional Officer Manado menggelar road show Gerakan Nasional 1000 startup digital untuk Bolaang Mongondow Raya, Rabu 08 Agustus 2021.

Segenap kepala daerah dari 5 kabupaten dan kota hadir melalui virtual zoom meeting, yakni Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow selaku Bupati Bolaang Mongondow, Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., Bupati Bolaang Mongondow Timur, H. Iskandar Kamaru, S.Pt. Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Drs. H. Depri Pontoh bupati Bolaang Mongondow Utara, dan Ir. Hj. Tatong Bara selaku walikota Kotamobagu.

Mereka mengungkapkan dukungan dan dorongan semangat bagi peserta road show dalam sambutan yang dibawakan. Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) Dr. Ir. Agus Supandi Soegoto, S.E., M.Si., sebagai Keynote Speaker.

“Jadi, semangat wirausaha saat ini perlu untuk ditingkatkan bagi kaum muda dan dikolaborasikan dengan teknologi, karena menjadi dasar keterampilan dasar yang bisa membangun SDM yang unggul” tambahnya.

Tak hanya didukung oleh pihak pemerintah kabupaten dan kota, road show ini juga didukung oleh Direktur Pemberdayaan Kemenkominfo RI, Dr. Ir. Bonifasius Pujianto, M.Eng., lewat kehadirannya secara virtual dalam platform zoom.

Senada dengan para kepala daerah, Bonifasius juga menyemangati para peserta road show dengan motivasi-motivasi yang menarik dan membuka wawasan para peserta tentang pentingnya mempelajari dunia digital, yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis masa kini.

“Tren sekarang adalah anak muda mau untuk berusaha sendiri dan bisa menjadi peluang karna motor penggeraknya adalah anak-anak muda” ungkapnya.

Pemateri-pemateri yang dihadirkan dalam road show kali ini pun tak main-main, diantaranya adalah, Lady Giroth VP Satu Tampa, sekaligus dosen di Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU), yang juga merupakan Regional Officer Manado. Mewakili Satu Tampa, Lady menjelaskan tentang startup, menurut pandangan ecosystem builder, serta tujuannya sebagai ecosystem builder.

“Kami bertujuan untuk menjadi platform di mana setiap elemen ekosistem bekerja secara harmonis untuk satu tujuan besar, membawa dampak bagi Sulawesi Utara dan wilayah lainnya,” jelas Giroth.

Pemateri yang lain adalah Venture Builder Enviu, Azin Rahman, yang menitikberatkan pada pengembangan keahlian di industri kreatif digital, dan Awaludin Umbola, S.Hut.,M.AP., yang merupakan CEO Morphic Coffee House.

Road show yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu ditutup dengan motivasi dari moderator yang juga adalah Regional Officer Manado, Leyne Sagay.

“Untuk menggapai angka seribu, mulai dari angka 1. 1 langkah lebih maju, dan mindset kita mempengaruhi langkah itu”, tutup Leyne.

Regional Officer Manado membocorkan tahapan Gerakan Nasional #1000startupdigital, nantinya akan dilaksanakan serentak dipertengahan September nanti.