ZONAUTARA.com — Seberapapun seringnya anda berwisata, pasti anda pernah berada di tempat yang tak pernah anda kunjungi sebelumnya. Apa yang biasa anda lakukan ketika mengunjungi tempat baru?

Pengalaman di tempat baru adalah pengalaman yang pertama kali dilakukan. Kadang kita tak tahu apa saja yang bisa kita lakukan di sana, meski kita ingin menikmati tempat tersebut. tak perlu khawatir, lima hal ini akan membantumu menikmati tempat yang baru pertama kali anda kunjungi.

1. Nikmati suasananya dengan berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu cara untuk menikmati tempat baru. Dengan berjalan kaki, anda bisa menikmati suasana dan cuacanya. Anda pun bisa menikmati perjalanan anda dengan melihat orang berlalu lalang.

Berjalan kaki juga bisa menambah banyak pengalaman. Anda bisa menikmati gedung-gedung tinggi dari bawah, melihat-lihat pemandangan alam, mencium aroma kota di pinggir jalan, bahkan anda bisa saja menemukan sesuatu yang tak bisa anda cari di dalam buku.

Terlebih lagi, berjalan kaki membuat kita bisa menikmati perjalanan lebih lambat daripada dengan mengendarai kendaraan.

2. Kunjungi restoran dan kafe lokal

Makanan adalah hal yang tak bisa anda lewatkan ketika berkunjung ke tempat baru. Tiap daerah pasti memiliki cita rasa makanan yang berbeda-beda. Maka anda pun perlu mencobanya.

Selain mencicipi makanan dan minuman lokal, anda bisa mengistirahatkan diri di kafe dan lebih menikmati suasana baru di depan anda.

3. Jangan lewatkan street food-nya

Tak hanya makanan berat yang ada di restoran, makanan pinggir jalan pun perlu anda coba. Makanan pinggir jalan tiap daerah pun pasti akan berbeda-beda dan memiliki cita rasa yang unik.

Biasanya, street food bisa anda nikmati ketika berada di pasar malam. Maka, temukan pasar malam yang ramai penjual makanan ringan, dan nikmati malam anda di tempat baru dengan ceria.

4. Cari tempat belanja lokal

Tak lengkap rasanya jika berkunjung di tempat baru namun tak membelanjakan uang untuk hal-hal yang khas di daerah tersebut, bukan? Cari tempat belanja yang menjual produk oleh-oleh khas daerah tersebut sebagai kenang-kenangan bahwa anda pernah berada di sana.

5. Kunjungi tempat wisata lokal

Manfaatkan waktumu di tempat baru tak hanya untuk menikmati kulinernya. Namun juga tempat wisatanya. Baik itu wisata alam, pasar tradisional, dan lain-lain. Temukan sesuatu yang baru di sana. Lebih baik jika anda belajar sejarah atau budayanya.