ZONAUTARA.COM — Mencegah adanya euforia yang berlebihan, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat bersiap-siap untuk masa transisi dari pandemi menuju endemi.

Hal tersebut dikarenakan, menurut presiden Jokowi, Covid-19 tidak akan hilang sehingga masyarakat diharuskan untuk siap hidup berdampingan dengan Covid-19.

Pesan tersebut disampaikan Presiden, dalam acara peninjauan vaksinasi kepada 375 pelajar SLB di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Jumat (10/09/2021).

“Karena kita tahu, Covid ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu, kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, hal tersebut harus disampaikan agar tidak ada euforia yang berlebihan, meski kasus Covid-19 sudah mengalami penurunan.

Jokowi kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk sadar bahwa masih ada covid-19 dengan varian delta.

“Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan karena kita masyarakat harus sadar bahwa Covid selalu mengintip kita, sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker,” tutur Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, vaksinasi kepada pelajar diharapkan memberikan perlindungan secara maksimal kepada pelajar dan sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi untuk kurang lebih 375 pelajar SLB yang kita harapkan ini bisa memberikan perlindungan, memberikan proteksi secara maksimal kepada pelajar SLB dan vaksinasi bagi pelajar,” jelasnya.

Presiden juga memaparkan, agenda tersebut merupakan bagian dari upaya perluasan vaksinasi.

“Untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, terutama varian delta,” tandasnya.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id