ZONAUTARA.com — Bagi beberapa orang, afirmasi atau pernyataan positif untuk diri sendiri bukan membuat dirinya makin bersemangat, namun malah makin tidak percaya diri. Hal ini berlaku bagi orang-orang yang memiliki self-esteem rendah.

Pada penelitian berjudul Positive Self-Statements Power for Some, Peril for Others, menyebutkan, afirmasi positif pada orang yang memiliki self esteem rendah akan menyebabkan efek negatif. Afirmasi positif akan berlaku pada orang-orang yang sudah memiliki self-esteem yang tinggi.

Untuk itu, selain afirmasi positif, berikut beberapa cara untuk meningkatkan self esteem atau rasa percaya diri anda.

1. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Dengan merambahnya penggunaan media sosial, kita akan makin tahu kehidupan orang lain, bahkan tanpa batasan letak geografis. Anda akan melihat teman-temanmu yang jalan-jalan, memiliki baju baru, dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan meningkatkan potensi untuk membandingkan teman satu dengan yang lain, bahkan dengan diri sendiri.

Kecenderungan membanding-bandingkan inilah yang akan membuat anda semakin menekan kepercayaan dirimu. Maka, hindari membandingkan diri dengan orang lain. Nikmati hidup anda sekarang dan syukuri. Jadikan kemewahan orang lain sebagai motivasi, bukan ajang membanding-bandingkan yang akan membuat kamu makin tak percaya diri.

2. Terimalah pujian

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, seseorang dengan self esteem yang rendah biasanya sulit dalam menerima pujian positif. Mereka akan memikirkan sesuatu yang berkebalikan dan mengarah ke hal yang negatif tentang pujian tersebut.

Maka dari itu, mulai sekarang, terimalah pujian yang menghampirimu dengan senang agar self-esteem anda juga naik.

3. Terima apa adanya dirimu saat ini

Menerima bagaimana kita sekarang, adalah salah satu cara untuk meningkatkan self-esteem. Ketika anda sendiri bersyukur dan menerima diri sendiri, maka tidak ada hal eksternal yang akan menjatuhkan kepercayaan dirimu.

Terimalah diri anda dengan kebaikan dan keburukan yang pernah anda lakukan di masa lalu. Tataplah ke depan dan lakukan perbaikan setiap harinya dengan percaya diri.

4. Bangga dengan pencapaian-pencapaian kecilmu

Salah satu hal yang membuat self-esteem kita naik adalah, bangga atas pencapaian kecil kita. Apresiasi pencapaian tersebut dan katakan pada diri anda sendiri bahwa anda sudah melakukan yang terbaik.

5. Masuk ke dalam lingkungan yang supportif

Lingkungan sangat penting dalam membentuk siapa diri kita. Lingkungan yang supportif dan penuh apresiasi satu sama lain, akan membuat kita makin percaya diri dan meningkatkan self-esteem. Bentuk atau cari lingkungan yang supportif untuk anda.