Kebiasaan yang harus dibangun agar menjadi seorang pekerja paruh waktu yang sukses

  • Share
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com — Seiring berjalannya waktu, jumlah pekerja paruh waktu semakin meningkat, kebutuhannya pun demikian. Di Amerika Serikat, per tahun 2019, ada lebih dari 26 juta pekerja paruh waktu yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.

Banyak alasan seseorang memilih melakukan kerja paruh waktu. Beberapa karena tuntutan keluarga yang tak bisa ditinggalkan jika harus bekerja secara penuh, serta alasan-alasan yang lain.

Tak perlu khawatir, anda juga bisa menjadi seorang pekerja paruh waktu yang sukses dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Tanyakan tugas, tanggung jawab, dan harapan atasan anda terhadap diri anda dengan jelas

Perlu untuk menanyakan tugas dan tanggung jawab anda dengan jelas. Tanyakan tugas anda secara rinci agar nantinya pekerjaan anda bisa terlaksana dengan baik.

Jangan lupa juga untuk menanyakan batasan atau hal-hal apa yang berada di luar pekerjaan anda. Dengan begitu, anda tidak bisa sembarangan ditugaskan melakukan sesuatu di luar perjanjian.

Baca Pula:  Selesaikan tugas yang menumpuk dengan metode MoSCoW

Agar tugas anda tak hanya selesai, namun selesai dengan baik, maka anda juga harus menanyakan target atasan anda terhadap tugas yang akan anda kerjakan. Harapan apa yang ia letakkan atas pekerjaan yang akan anda lakukan.

2. Bertanggung jawablah dengan tugas anda

Setelah mendapat kejelasan tentang tanggung jawab, batasan, dan harapan, maka kini saatnya anda harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Lakukan yang terbaik yang anda bisa. Bertanggung jawablah atas Amanah yang sudah diberikan.

3. Kuasai manajemen waktu dengan menjadwalkan semuanya

Manajemen waktu merupakan sesuatu yang krusial yang harus dimiliki oleh pekerja. Terlebih lagi, jika anda tak hanya memiliki satu pekerjaan paruh waktu, namun lebih dari satu. Jangan sampai pekerjaan anda acak-acakan hanya karena tidak membuat jadwal.

4. Sinkronkan jadwal dengan rekan kerja

Dalam bekerja, anda pasti tak bekerja sendiri. Maka, jangan lupa untuk menyinkronkan jadwal kerja anda dengan rekan kerja, agar pekerjaan dapat dilakukan dengan selaras.

Baca Pula:  Bekerja sambil menyelamatkan dunia

5. Perbaiki komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang utama dalam kerja sama di ruang lingkup pekerjaan. Anda harus memiliki kemampuan komunikasi dengan baik, baik dengan atasan maupun rekan kerja anda.

6. Catat hal-hal saat rapat

Salah satu kunci agar tak melupakan poin-poin penting adalah dengan mencatatnya. Catat hal-hal penting saat rapat maupun saat bertemu dengan klien.

7. Bagikan pencapaian anda dengan bos

Bisa jadi, bos anda tak melihat pencapaian luar biasa anda. Maka, anda bisa membagikannya dengan bos anda. Capaian anda patut untuk dihargai oleh siapa saja terutama oleh atasan anda.

Hal ini dilakukan bukan semata-mata untuk membual, namun agar atasan anda lebih sadar atas kontribusi yang anda berikan meski merupakan seorang pekerja paruh waktu.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com