ZONAUTARA.COM — Anggaran sebanyak Rp6,5 miliar telah disiapkan untuk pengerjaan proyek renovasi ruang kerja Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Proyek ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek).

Pembukaan pendaftaran tender untuk penataan ruang kerja dan ruang rapat gedung A telah terlihat dalam situs Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Paku paket di bantal harga sebesar Rp6.500.000.000. Sementara Nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) mencapai Rp5.391.858.505.

Satuan kerja yang berwenang memegang tender tersebut adalah biro umum dan pengadaan barang dan jasa. Jumlah peserta tender sampai hari ini, Jumat (10/09/2021), mencapai 118 peserta.

Pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto mengatakan, renovasi tersebut dilakukan untuk menambah ruang kerja pejabat baru, staf khusus menteri, hingga ruang kerja Nadiem.

“Renovasi dilakukan untuk menyiapkan ruangan bagi para pejabat baru beserta tim kerjanya, sekretariat tata usaha pimpinan, ruang kerja staf khusus menteri, serta ruangan menteri,” kata Anang dalam keterangan tertulis, dilansir dari CNNIndonesia, Jumat (10/09/2021).

Anang mengklaim penataan ruangan di lantai 2 Gedung A Kemendikbudristek juga untuk menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Renovasi menyasar seluruh lantai 2 Gedung A Kemendikbudristek.

Berdasarkan proposal rencana renovasi ruang menteri, bagian ruangan yang akan direnovasi di antaranya: ruang private atau ruang Nadiem, semiprivate, ruang public, dan service.

Menurut Anang, beberapa ruangan tersebut sudah lama tidak direnovasi. Berdasarkan data Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa, renovasi pada lingkungan Gedung A terakhir kali dilakukan di Perpustakaan, lantai 1 pada tahun 2016.

Sementara, menurut penjelasan Anang, renovasi ruangan kerja menteri dan staf ahli telah lama tidak dilaksanakan.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id