ZONAUTARA.COM — Setelah lima hari terombang ambing di lautan lantaran mati mesin, Kapal Motor (KM) Tiga Putri 2 telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

Berdasarkan keterangan Kasub Kedaruratan BPBD Minahasa Tenggara, Dontry Wongkaren, kapal tersebut mengalami mati mesin dan hilang kontak sejak Minggu (05/09/2021).

“Saat pelayaran dari Kepulauan Taliabu menuju ke Luwuk Banggai,” kata Dontry, dilansir Antara, Minggu (12/09/2021).

Dontry juga menerangkan, kapal yang memuat 23 orang penumpang beserta awak kapal berhasil ditemukan oleh KM Tirta Anugerah, yang kemudian melapor ke Syahbandar Pelabuhan Belang.

Setelah menerima laporan itu, personel TNI Angkatan Laut dan Polisi Perairan (Polair) Polda Sulawesi Utara langsung menuju lokasi koordinat penemuan kapal untuk melakukan evakuasi.

“Setelah diterima informasi dari pihak Syahbandar, personil TNI Angkatan Laut dan Polair langsung menuju ke titik koordinat lokasi penemuan, dengan menggunakan KM Aldira,” ujar Dontry.

Kapal itu berhasil dievakuasi dan ditarik ke dermaga Pelabuhan Belang, pada Sabtu (11/09/2021) pagi. Seluruh penumpang selamat.

“Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, langsung memerintahkan BPBD dan Dinas Sosial untuk menyalurkan logistik kepada para penumpang berupa makanan, dan kebutuhan lainnya,” kata Dontry.

Kini sebagian penumpang telah dijemput keluarga masing-masing, sedangkan awak kapal masih melakukan perbaikan di dermaga Pelabuhan Belang.