ZONAUTARA.COM — Jumat (10/09/2021) , Regional Officer Manado mencatat sejarah baru dalam pelaksanaan roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Dengan menggandeng Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Minahasa, roadshow yang beberapa waktu sebelumnya hanya dilaksanakan full daring melalui platform Zoom Meeting, kini digelar secara Hybrid.

Bertempat di Minteng Coffee & Restaurant, roadshow berlangsung seru dan menarik, dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Minahasa, Agustivo Tumondo, S.E., M.Si., mewakili Bupati Minahasa.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Tumondo mengungkapkan kebanggan dan memberi dorongan semangat bagi peserta roadshow agar bisa membangun startup digital yang baru, untuk membangun perekonomian digital di Minahasa.

Pada waktu yang sama, Kementerian Kominfo yang diwakili oleh PLT Sekretaris Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Slamet Santosa dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan roadshow ini merupakan sebuah pintu gerbang menuju peluang-peluang potensial, untuk bisa menjangkau pasar dunia, dan membangun ekonomi di daerah sendiri.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua GAMKI Minahasa, Helty Rorimpandey, M.Kes. yang mendorong kader-kader GAMKI Minahasa agar bisa open minded untuk melihat peluang di Minahasa yang bisa dibangun menjadi startup.

“Generasi Muda merupakan motor penggerak pembangunan. Oleh karena itu, jangan bersikap apatis terhadap percepatan era revolusi 4.0. Selain meningkatkan kemampuan diri sendiri, kita juga harus bahu membahu membangun daerah kita sendiri,” ungkap Helty.

Turut hadir dalam roadshow, tokoh yang mewakili akademisi, yakni, Suraji, S.Sos, M.AP., yang merupakan Wakil Direktur Bidang Administrasi IPDN Kampus Sulawesi Utara (Sulut). Beliau menyampaikan apresiasi kepada Regional Officer yang telah mengundang Kampus IPDN Sulut menjadi bagian dari roadshow bersama GAMKI.

“Ini merupakan langkah awal yang baik bagi para Praja IPDN, meskipun nanti akan menjadi PNS, namun bisa belajar membangun bisnis dan berinovasi kedepan,” ungkapnya.

Diskusi Panel yang berlangsung dalam roadshow ini dibuka dengan sambutan dari drg.Hizkia Sembel, M.Kes. yang merupakan Ketua HIPMI Minahasa. Panelis yang hadir mengisi roadshow juga banyak memberikan insight bagi para peserta.

Piet Pusung, yang adalah Founder akun Instagram @KotaManado, memaparkan bahwa, kesuksesan yang ia raih tidak berlangsung dalam waktu sekejap.

“Akun Instagram @KotaManado saya bangun selama sekitar 10 tahun. Selama itu saya tidak hanya berpangku tangan, namun menaruh effort lebih, dalam apa yang saya kerjakan,” ucap Piet.

Maria Silangen pun menuturkan hal yang sama. Co-Founder Pijar tersebut mengungkapkan bahwa konsistensi merupakan hal yang tidak boleh luput dari membangun startup baru.

Diskusi yang menarik disimpulkan dengan statement menarik dari Lady Giroth, salah satu Panelis yang merupakan VP Satu Tampa sekaligus Regional Officer Manado.

“Mulai saja dulu. Modal dan utama membangun startup bukan terbatas pada budget, namun kreatifitas dan kerja keras,” kata Lady.

Leyne Sagay, selaku moderator yang juga bagian dari Regional Officer Manado, menutup diskusi dengan dorongan bagi Para generasi muda.

“Ayo berkolaborasi untuk 1000 Karya, 1000 Solusi, untuk satu Indonesia Raya” tutup Leyne.