ZONAUTARA.COM — Anda mungkin sedang terjebak dalam kebiasaan buruk yang sulit dilepas sekuat apapun anda berusaha. Dan secara tidak sadar anda akan melakukan kebiasaan itu lagi dan lagi.

Kebiasaan buruk tak hanya bisa dilepas lewat hal-hal yang spontan, melalui kemauan, pembicaraan tak disengaja, maupun wawasan yang anda punya. Kebiasaan buruk harus diubah secara terstruktur, terintergrasi, dan disengaja.

Kebiasaan buruk dapat dipatahkan dengan ilmu saraf praktis, yang memanfaatkan cara kerja otak. Banyak sekali kebiasaan buruk yang bisa kita lakukan. Kebiasaan itu akan menimbulkan hal-hal buruk lainnya, seperti; terlalu asyik dengan kesuksesan dan status, menyakiti orang lain dengan kemarahan dan emosi negatif.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa terlepas dari rantai kebiasaan buruk yang menghancurkan diri sendiri.

1. Buat daftar kebiasaan buruk dan cara mengatasinya di tempat terbuka

Ketika kebiasaan buruk banyak menggerogoti anda, maka perlu adanya pengingat ketika anda di mana pun dan kapan pun.

Solusinya, buatlah daftar kebiasaan buruk yang ingin anda ubah. Lalu tempatkan di tempat yang sering anda lewati. Bisa di wallpaper smartphone, pintu kamar, pintu lemari, agar anda selalu teringat untuk tidak melakukan hal buruk tersebut.

2. Antisipasi pada segala kemungkinan

Agar tak terjebak pada kebiasaan buruk yang berulang-ulang, maka ketika anda menghadapi masalah, anda dilatih untuk berpikir cepat dan strategis. Saat berpikir cepat, anda akan memungkinkan segala kemungkinan dan memprediksi tindakan selanjutnya agar tak terjebak pada kebiasaan buruk terus-menerus. Cari alternatif solusi yang baru dan baik bagi anda dan orang lain.

3. Cari sosok panutan

Dari daftar kebiasaan buruk anda, cobalah untuk mengidentifikasi siapakah sosok yang berkebalikan dengan hal-hal yang buruk dari diri anda. Carilan sosok panutan atau role model dan catat bagaimana kebiasaan baiknya. Adopsi nilai-nilai yang ia pegang dalam hidupnya.

4. Hindari bertindak impulsif

Tindakan impulsif tanpa pikir panjang akan membuat anda terjerembab pada hal-hal buruk lagi dan lagi. Pikirkan dengan matang sebelum bertindak, jangan langsung mendahulukan emosi sesaat anda.

5. Penuh pengamatan

Agar tidak melakukan banyak hal buruk, anda juga harus mengidentifikasi bagaimana orang lain dalam bersikap. Ketahuilah, agar memperluas wawasan anda. Kenali dampak-dampaknya. Belajarlah dari kisah orang lain.

6. Ingat bahwa kita akan selalu berkembang

Ketika anda sudah berusaha lepas dari kebiasaan buruk, namun hal itu masih saja melekat di diri anda, jangan menyerah. Tanamkan pada diri anda dan bertekadlah untuk selalu berusaha menjadi lebih baik. Ingatlah bahwa kita manusia, punya kapasitas sangat besar untuk berkembang ke arah yang lebih baik.