Cara ampuh menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

  • Share
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.COM — Dalam sehari, kita disarankan untuk minum sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Apakah anda sudah melaksanakannya? Atau malah sering melupakannya?

Manfaat air putih bagi kesehatan tak bisa diremehkan. Air akan meningkatkan proses metabolisme. Tubuh akan mudah membakar lemak dan tentu bisa menurunkan berat badan. Selain itu, air putih juga menghindarkan kita dari dehidrasi.

Cairan dalam tubuh berupa air juga bermanfaat untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan air akan menyebabkan kulit kita kering.

Banyak sekali manfaat air putih untuk tubuh kita. Jika anda masih sering lupa minum air putih, atau merasa kurang dari saran konsumsi tiap harinya, maka ikuti langkah-langkah berikut.

1. Selalu bawa botol minum ke mana pun

Jangan pernah malu ketika membawa botol yang bisa diisi ulang ke mana pun anda pergi. Botol berisi air putih penting anda bawa ke mana-mana. Ketika sekolah, maupun bekerja. Kebiasaan membawa botol air minum dapat memenuhi amunisi air putih bagi tubuh setiap saat, apalagi jika berada di daerah yang sulit akses air putih.

Baca Pula:  Ikuti kiat-kiat berikut agar selalu aman saat berbelanja di tengah pandemi Corona

Tak hanya itu, jika kita membawa air putih ke mana pun, pastinya akan menghemat pengeluaran kita pada pembelian air putih, dan bisa mengurangi sampah plastik kemasan air putih karena menggantinya dengan botol milik sendiri.

Jika anda tak ke mana-mana, bisa dimaklumi jika anda akan malas jika harus bolak-balik mengambil air putih, maka, sediakan air putih di dekat anda supaya anda selalu teringat untuk meminumnya.

2. Install aplikasi pengingat minum

Jika anda menuju daftar install aplikasi sekarang, dan mengetik di kotak pencarian tentang aplikasi pengingat minum, maka anda akan menemukan banyak aplikasinya. Anda bisa menginstallnya agar selalu diingatkan untuk meminum air putih sesuai dengan jadwal.

Anda juga bisa melakukan setting secara manual tanpa install aplikasi. Cukup dengan memasang pengingat di jam-jam tertentu.

Baca Pula:  Kebiasaan baru dalam merawat kulit anda saat pandemi

3. Pantau asupan air tiap hari

Tak hanya memasang pengingat untuk minum, anda juga perlu memantau asupan air minum supaya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Anda nantinya akan tahu persis berapa banyak yang sudah anda minum, dan bisa mengira-ngira berapa banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan air putih harian anda.

4. Beri rasa pada air

Beberapa orang tak suka air putih karena tawar dan tidak ada rasanya. Anda bisa memberi rasa pada air dengan mengolahnya menjadi infused water. Gunakan buah-buahan yang efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Hindari minuman dan makanan penyebab dehidrasi

Beberapa minuman penyebab dehidrasi di antaranya alkohol dan kafein. Terkadang, dengan meminum alkohol dan kafein, anda merasa tak perlu lagi untuk meminum air. Padahal tentu tidak.

Alkohol akan mengeluarkan cairan dari aliran darah, sehingga anda akan buang air kecil lebih banyak. Anda pun tetap membutuhkan air putih.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com