Pentingnya 5 SIAP pada kegiatan sekolah tatap muka di Bolmut

  • Share
Bupati Bolmut Depri Pontoh saat memantau sekolah tatap muka, Senin 13 September 2021. (Foto Rahmat Tegila Prokopim pemkab Bolmut)

ZONAUTARA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh kembali turun langsung meninjau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Bolmut. Kali ini dirinya melakukan monitoring ditiga Kecamatan, Bolangitang Timur, Bintauna, dan Sangkub, Senin 13 September 2021.

Selain itu Bupati juga meninjau vaksinasi bagi siswa dan siswi SMK Kaidipang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama yang bertempat di halaman SMK Kaidipang.

Bupati mengingatkan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas harus mengikuti persyaratan-persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai langkah awal sekolah tatap muka secara langsung agar pihak sekolah mengatur shift di masing-masing kelas sehinga tidak terjadi kerumunan peserta didik.

“Saya berharap kepada para guru untuk dapat mengawasi para murid pada waktu jam belajar disekolah dengan sangat ketat dan disiplin mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu dalam kegiatan pembelajaran tatap muka Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengingatkan kembali kepada semua pihak untuk menerapkan 5 SIAP.

Baca Pula:  Sekolah tatap muka di Bolmut, Bupati ingatkan jangan sampai terjadi kerumunan

5 SIAP yang harus diperhatikan semua pihak dalam upaya melindungi anak dari risiko tertular virus corona.

“Peran orang tua, tenaga pendidik, sekolah, pemerintah daerah, dan masyarakat sangat dibutuhkan agar anak tetap dapat optimal dalam belajar dan tidak tertular Covid-19,” ujarnya.

Konsep 5 SIAP mencakup SIAP Anak, SIAP Keluarga, SIAP Satuan Pendidikan, SIAP Infrastruktur, dan SIAP Pemda dan Masyarakat. Untuk komponen SIAP Anak, anak harus dipastikan memahami dan mematuhi protokol kesehatan.

SIAP Keluarga berarti orang tua pengasuh menyiapkan kebutuhan dan memberikan pemahaman kepada anak hingga anak mampu menerapkan protokol kesehatan. SIAP Satuan Pendidikan yakni Satuan Pendidikan siap dalam menerapkan protokol kesehatan di sekolah/satuan pendidikan.

SIAP Infrastruktur maksudnya infrastruktur berupa sarana dan prasarana (rute aman selamat sekolah dan lain-lain), transportasi umum telah memenuhi protokol kesehatan. SIAP Pemda dan Masyarakat berarti dapat dipastikan semua pimpinan daerah dan masyarakat mendukung dan siap mengawal

Baca Pula:  Bupati bertanya siswa menjawab, serba-serbi sekolah tatap muka di Bolmut

Ia juga mengingatkan kepada orang tua agar saat pelaksanaan PTM di sekolah harus ditekankan kepada anak untuk tidak melepas masker selama di sekolah, menjaga jarak selama menggunakan transportasi umum, tidak memegang benda dalam kendaraan umum, segera mencuci tangan saat tiba di tempat tujuan, menjaga jarak dengan guru, teman, dan warga sekolah lainnya.

Selain itu orang tua juga diminta untuk selalu mengingatkan anaknya agar hanya memakan bekal dari rumah, tidak membagi makanan dengan orang lain, segera mengganti pakaian sesampainya di rumah, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com