bar-merah

Bangkai paus terdampar di pantai Batu Pinagut Bolmut

Bangkai seekor paus yang terdampar di pantai Batu Pinagut, Kabupaten Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

ZONAUTARA.COM- Bangkai seekor paus dengan panjang sekitar dua meter terdampar di pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Pantauan Zonautara.com pada Rabu 15 September 2021 sekitar pukul 13.51 Wita bangkai paus tersebut kulitnya mulai terkupas terkena ombak. Selain itu warga berharap untuk dinas terkait dapat membantu menguburkan bangkai paus tersebut.

Sementara itu saat dihubungi Sandrianto Djunaidi, S.Pi., M.Si tenaga Kependidikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengatakan penyebab paus terdampar biasanya pasokan makanan diperairan yang biasa mereka mencari makan sudah abis.

“Sehingga dirinya mencari makan disekitar perairan dangkal sampai mengejar ikan-ikan, atau juga karena di daerahnya agak terancam mulai dari aktivitas nelayan atau kondisi lautnya,” jelasnya.

Dirinya berharap pemerintah daerah harus mengkaji kembali regulasi penggunaan alat tangkap dan wilayah penangkapan sesuai aturan KKP.

“Hal ini apa sudah di terapkan di wilayah perairan Bolmut. Sehingga nelayan yang menggunakan alat tangkap yang tidak sesuai bisa ditindaki,” katanya.

Selanjutnya pemerintah juga harus sering-sering sosialisasi ke nelayan terkait ikan-ikan yang terancam punah, biar nelayan paham ikan-ikan yang ditangkap nanti.

“Setidaknya poster terkait aturan-aturan itu dipasang dekat pantai biar nelayan bisa melihat,” harapnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com