bar-merah

Sempat hilang kontak, Pesawat Rimbun Air ditemukan gagal mendarat

Sumber : Freepik

ZONAUTARA.COM — Setelah sempat dinyatakan hilang kontak, Pesawat Rimbun Air PK-OTW akhirnya ditemukan gagal mendarat di Bandara Bilorai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (15/09/2021).

Berdasarkan keterangan Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Arm Reza Nur Patria, setelah kejadian gagal mendarat, terdengar ledakan cukup keras.

Reza menambahkan, sebelum gagal mendarat, pesawat tersebut berputar-putar di atas Bandara Bilorai dan batal mendarat.

Dia mengatakan pesawat yang membawa bahan bangunan dan sembako itu gagal mendarat lantaran cuaca buruk.

“Kemudian terdengar suara yang diperkirakan ledakan,” ucap Reza.

Reza menuturkan saat ini tim gabungan sedang berupaya melakukan proses evakuasi di lokasi jatuhnya pesawat.

“Sedang direncanakan evakuasi oleh Basarnas dibantu oleh aparat TNI-Polri di tempat lokasi jatuhnya pesawat tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, pesawat Rimbun Air PK-OTW berangkat dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya sekitar pukul 06.40 WIT.

Kemudian, pada pukul 07.37 WIT, Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum hilang kontak.

Pesawat tercatat membawa tiga awak dan tidak membawa penumpang. Selain itu, pesawat juga membawa barang kargo berupa bahan bangunan dan sembako.

Berdasarkan pengamatan udara di sekitar lokasi, badan pesawat kargo tersebut terlihat hancur dan hanya beberapa bagian yang utuh.

Wadanyonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono menyebut, bagian utuh pesawat hanya tersisa di bagian tengah hingga ekor.

“Bagian kokpit hancur tidak terlihat,” pungkas Edi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com