ZONAUTARA.com — Tubuh kita dengan organ dan sistem di dalamnya merupakan hal yang luar biasa. Mereka bekerja sama menopang keperluan satu dengan keperluan lain untuk membuat kita tetap hidup dengan utuh dan sehat.

Namun, kesalahan tentu tak bisa dihindari. Sistem dalam tubuh anda bisa jadi tidak berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Anda bisa saja sakit, atau mengalami kelainan yang lain. Untuk mencegahnya, biasanya tubuh akan memberikan tanda-tanda berikut ini.

1. Bau mulut

Jika anda merasa tiba-tiba bau mulut, padahal biasanya tidak seperti itu, maka anda perlu waspada. Bau mulut mungkin bisa dihilangkan dengan menggosok gigi lebih sering dan menggunakan semprotan mulut, tapi tetap jangan disepelehkan.

Bau mulut bisa jadi merupakan penyebab adanya masalah gigi dan gusi. Bakteri mulai tumbuh di celah gigi anda. Jangan sampai anda membiarkannya dan membuat masalah lebih besar. Periksakan ke dokter gigi agar segera ditangani.

2. Mata kering

Fungsi air mata adalah untuk membuat mata tidak kering. Namun, jika anda merasa mata kering, bisa jadi karena anda terlalu banyak menatap layar ponsel. Istirahatlah dan lakukan olahraga mata. Lihat pemandangan alam di luar rumah agar mata anda lebih segar.

Jika mata anda kering terus-menerus, jangan dibiarkan begitu saja. Periksakan ke dokter karena bisa jadi hal itu merupakan tanda-tanda adanya penyakit kronis.

3. Berat badan naik turun

Berat badan memang sesuatu yang bisa fluktuatif. Namun, jika berat badan anda naik turun dengan drastis dan tidak bisa dijelaskan alasannya, bisa jadi anda mengalami penyakit lain.

Orang yang memiliki kanker akan mengalami penurunan berat badan drastis. Periksakan ke dokter jika anda mengalaminya, untuk antisipasi.

4. Kuku membulat

Salah satu penyakit bernama Nail Clubbing akan membuat ujung kuku dan jari anda akan membulat atau menggelembung. Jika anda mengalaminya, segeralah konsultasikan ke dokter.

5. Tiba-tiba berkeringat

Keringat merupakan salah satu hasil dari proses sistem ekskresi. Air yang anda konsumsi akan membantu proses metabolisme dan membakar lemak. Ia juga bisa mengatur suhu tubuh anda ketika terlalu panas.

Wajar bila anda berkeringat ketika grogi atau setelah berolahraga. Namun, anda perlu waspada jika tiba-tiba berkeringat. Keringat yang datang tiba-tiba bisa jadi terdapat masalah dalam metabolisme tubuh.

6. Warna jari berubah saat kedinginan

Sindrom Raynaud dapat membuat arteri menyempit, sehingga aliran darah ke jari berhenti. Jangan sampai anda mengabaikannya jika hal itu terjadi pada anda. Karena bisa jadi itu merupakan tanda sindrom tersebut.