ZONAUTARA.com — Memilih jurusan dan kampus perlu untuk dipikirkan secara matang, tak hanya dipikirkan oleh diri kamu sendiri, namun juga orang tua dan juga saran dari guru kamu. Maka dari itu, jangan memilih jurusan kuliah dengan terburu-buru.

Pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan juga banyak. Baik itu jurusan, kampus, jarak kampus ke rumah, tempat tinggal, biaya, dan lain-lain. Terlebih, dalam memilih jurusan kulaih. Bisa jadi, menunggu dan mematangkan rencana kamu dapat membantu memaksimalkan perjalanan kamu di kampus.

Beberapa hal ini merupakan alasan untuk kamu agar tidak terburu-buru memilih jurusan kuliah.

1. Jangan batasi dirimu. Banyak pilihan di depan sana

Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Pilihanmu tak hanya satu, namun banyak macamnya. Maksimalkan potensi, minat, dan bakatmu di berbagai bidang sehingga kamu dapat memilih jurusan yang paling tepat untuk kamu.

Jangan batasi dirimu hanya pada satu titik saja. Perbesar peluangmu untuk bisa masuk ke mana saja dengan meningkatkan kompetensi. Hal itu tentu tak bisa diusahakan dalam waktu yang singkat dan terburu-buru.

2. Pikirkan lebih matang daripada berubah di pertengahan

National Center for Education Statistics mengungkapkan bahwa 80 persen siswa mengubah jurusan mereka setidaknya sekali selama kuliah. Hal ini memungkinkan bahwa jurusan yang kamu pilih ketika mengisi formular pendaftaran pertama kali bukan gelar yang akan kamu dapatkan ketika lulus.

Oleh karena itu, tidak masalah jika kamu meluangkan lebih banyak waktu untuk memutuskan jurusan apa yang kamu masuki. Tak perlu terburu-buru. Cari tahu bidang-bidang yang kamu tuju agar tak menyesal nantinya dan memilih pindah jurusan.

3. Lakukan kursus tambahan

Mengisi waktu untuk tak terburu-buru dalam memilih jurusan bisa dilakukan dengan mengambil kursus tambahan. Jangan hanya bersantai dan menunggu keajaiban.

Dengan melakukan kursus tambahan, kamu bisa memperluas kompetensi kamu di bidang tertentu. Jika kamu berhasil meraih passing grade yang lebih tinggi, lebih besar juga peluang kamu masuk kampus yang lebih baik.

4. Tidak masalah untuk ragu-ragu, kamu tidak sendiri

Tak perlu khawatir dan takut ketika kamu ragu-ragu. Karena kamu tidak sendiri dalam melakukannya. Lihat beberapa teman kamu yang masih harus bolak-balik melakukan konsultasi jurusan. Tenang, banyak orang yang mengalaminya.

Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memanfaatkan keraguanmu untuk memperlebar peluang dan memantapkan diri dengan bertambahnya sumber informasi, agar kamu bisa memilih jurusan yang tepat dan mendapat gelar yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.