ZONAUTARA.com — Salah satu alasan kenapa anda tidak sering membaca buku mungkin karena anda merasa tidak punya cukup waktu. Padahal, membaca buku bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun tergantung kemauan kita.

Tak hanya orang yang tak suka membaca, orang yang suka membaca pun kadang merasa bahwa ia tak punya cukup waktu. Buku bacaan kini harus bersaing dengan media sosial yang lebih menarik perhatian.

Jika anda ingin lebih banyak membaca, lakukan strategi berikut ini.

1. Tentukan target membaca

Anda bisa menentukan target bacaan anda. Bisa berdasarkan bab, atau berdasarkan waktu yang anda habiskan dalam sehari. Katakanlah dalam waktu sehari, anda mau menghabiskan satu chapter. Bisa juga dalam waktu satu hari, anda mau menghabiskan tiga puluh menit untuk membaca.

Sesuaikan target membaca anda dengan kebutuhan dan waktu yang anda miliki. Memiliki target bacaan anda akan membuat kegiatan membaca menjadi rutin. Awalnya mungkin memang harus dipaksa, namun lama-kelamaan anda bisa autopilot melakukannya.

2. Kurangi kebiasaan lain, alihkan ke membaca buku

Seperti yang telah disebutkan, dewasa ini banyak orang lebih memilih menggulir layer ponselnya daripada membaca buku. Jika tidak terlalu dibutuhkan, alihkan kegiatan menggulir media sosial anda dengan membaca buku.

Bisa dengan membaca artikel yang bermanfaat, atau membaca e-book. Jika anda mengetahui dan melacak berapa lama waktu yang anda habiskan demi menggulir media sosial dibandingkan membaca buku, anda pasti akan terkejut. Maka dari itu, ubah kebiasaan itu mulai dari sekarang.

3. Jangan merasa terbebani

Mendengar kata membaca, beberapa orang langsung merasa terbebani. Bisa jadi karena bayang-bayang bacaan yang berat dan penuh dengan ilmu pengetahuan, atau hal-hal lain.

Agar anda nyaman untuk mulai membaca, jangan pernah merasa terbebani dengan pemikiran itu. Bersantailah ketika akan membaca. Tak perlu stres memikirkan isi, atau pelajarannya. Biarkan semuanya mengalir ketika anda membaca buku.

4. Baca lewat ponsel

Mungkin keberadaan buku konvensional sulit untuk menemani anda ke mana-mana. Maka dari itu, e-book atau buku yang bisa dibaca lewat ponsel dapat menjadi pilihan bagi anda. Beli e-book dan masukkan ke dalam ponsel cerdas anda. Maka anda siap membaca kapan pun tanpa harus berat membawa buku.

5. Catat progress anda

Agar anda mengetahui sejauh mana anda membaca, maka penting untuk mencatat progres anda. Bisa progres berapa banyak bab yang dibaca, atau berapa banyak buku yang telah dibaca tiap bulannya. Bisa juga berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk membaca.

Hal ini penting untuk mengapresiasi diri anda dan mengetahui sejauh mana anda membaca. Anda juga bisa memenuhi target jika belum terpenuhi.