ZONAUTARA.com — Waktu merupakan satu misteri yang belum dapat dipecahkan semua ahli. Waktu sebegitu pentingnya bagi semua orang. Ia bisa menjadi penuntun perbuatan-perbuatan kita di dunia.

Waktu membuat yang mentah menjadi matang, yang lalu menjadi sekarang, dan yang muda menjadi tua. Terkadang, ketika kita melihat saudara-saudara yang mulanya masih di gendongan ibunya, kini telah tumbuh dewasa. Rasanya waktu begitu cepat berlalu.

Makin bertambah usia kita, kita akan merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat. Hal ini karena adanya neurotransmitter berupa dopamine yang membantu mengirim sinyal ke sel-sel otak. Tingkat dopaminergic yang menurun seiring bertambahnya usia menjadikan kita merasa waktu berjalan makin cepat.

Untuk membuat waktu berjalan seolah lambat dan sesuai dengan fasa kita, maka kita perlu untuk menikmati momen dan hidup untuk saat ini. Bagaimana caranya?

1. Lakukan hal-hal yang baru, buat memori baru

Lakukan hal-hal yang belum pernah anda lakukan sebelumnya, coba hal-hal baru. Dengan pengalaman yang baru, otak kita akan menciptakan jalur saraf yang baru pula. Hal ini akan membuat otak kita merekam ingatan yang lebih jelas.

Libatkan diri pada hal baru dan buat pikiran anda merasa penasaran tentang bagaimana dunia bekerja. Jangan lunturkan semangat berpetualang, maka anda akan lebih menikmati momen yang anda lakukan.

2. Perhatikan betul-betul apa yang anda lakukan

Semakin banyak perhatian yang kita berikan saat kita melakukan sesuatu, maka makin banyak pula informasi yang kita proses. Hal ini akan membuat makin banyak waktu yang kita rasakan dan hidup untuk saat itu.

Ketika anda menemukan sesuatu yang baru, coba lihat detailnya, analisis lebih lanjut dan libatkan diri anda ke dalamnya. rasakan semilir angin yang menyapu badan di pagi hari. Dengarkan kicauan burung yang bernyanyi. Nikmati waktu anda dan hidup pada saat itu.

3. Kurangi penggunaan media sosial

Penelitian menunjukkan bahwa teknologi dan gaya hidup modern mempengaruhi pengalaman waktu kita. Interaksi dengan media sosial akan membuat kita tidak memaknai waktu dan waktu hanya berlalu begitu saja.

Individu yang menghabiskan banyak waktunya dengan media sosial tidak banyak memaknai waktu yang dihabiskannya. Cobalah mengurangi penggunaan media sosial dan bersatulah dengan alam.  

4. Lakukan perenungan tentang hidup anda

Melakukan perenungan tentang apa yang anda lakukan akan membuat anda hidup lebih baik dan memaknai apapun yang anda kerjakan. Maknai tiap langkah yang anda buat, agar anda tak pernah membuang waktu dengan sia-sia.