ZONAUTARA.com — Menginjak posisi baru dan level hidup yang baru memang tak pernah mudah. Bekerja di tempat baru, masuk universitas baru, bahkan menjadi orang tua baru. Apalagi menjadi seorang ibu, tentu merupakan peran yang sulit.

Menjadi ibu baru juga memulai banyak aspek hidup yang baru. Banyak pula perubahan yang anda lakukan. Banyak hal-hal yang baru pertama kali anda coba dan anda masih mempelajarinya. Tidak masalah, anda akan memiliki kekuatan yang besar dalam proses berkembang menjadi ibu baru.

Lakukan beberapa hal berikut agar anda tak perlu terlalu khawatir ketika menjadi seorang ibu baru.

1. Lakukan persiapan

Banyak hal yang bisa anda lakukan sebelum benar-benar menjadi seorang ibu. Sebelum melahirkan ada banyak persiapan yang bisa anda pelajari. Persiapkan waktu transisi dari sebelum memiliki anak hingga menjadi ibu dengan optimal.

Kumpulkan bekal anda untuk melakukan parenting, merawat anak, bagaimana cara mengembangkan kemampuan motorik dan sensoriknya, dan lain-lain. Anda juga bisa menyiapkan beberapa keperluan untuk si kecil seperti tempat tidur, baju, dan lain sebagainya agar anda tak merasa kesulitan saat ia telah hadir di dunia.

2. Tidak masalah untuk meminta bantuan

Kesulitan saat menjadi ibu baru memang hal yang wajar. Maka jangan lupa untuk meminta bantuan kepada orang yang anda percaya saat mengalami kesulitan. Mintalah bantuan kepada keluarga, teman, dan kerabat. Berbagilah peran dengan suami anda.

Bantuan yang bisa diberikan pada anda juga banyak macamnya. Bisa bantuan secara moril, fisik, maupun berbagi cerita pengalaman dari ibu yang lebih berpengalaman.

3. Ubah beberapa rutinitas

Masa transisi menjadi seorang ibu akan sulit ketika harus mengubah beberapa rutinitas anda. Jam tidur dan olahraga mungkin akan berubah. Namun, lakukan penyesuaian secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Nikmati momen dan perasaan anda

Ibu baru mungkin akan merasakan sekelumit perasaan. Biarkan emosi anda berada dalam diri anda dan rasakan emosi tersebut. Pahami emosi anda sebagai ibu baru dan biarkan anda untuk mencari cara untuk mengolah emosi tersebut.

5. Ambil waktu untuk istirahat

Sebagai ibu baru, anda tak harus melakukan banyak hal dan tak bisa berhenti bekerja. Istirahat tetaplah penting bagi seorang ibu baru. Anda bisa menemukan waktu dan momen yang tepat untuk istirahat.

Jangan sampai anda kelelahan dan stres. Stres pada diri anda juga tentu akan mempengaruhi si kecil. Jaga fisik dan mental anda agar terus bisa merawat diri dan si kecil.