4,6 juta vaksin Pfizer, donasi dari Amerika Serikat mulai tiba di Indonesia

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Kedatangan vaksin donasi dari Amerika Serikat. (Foto: Kedubes AS untuk RI)



ZONAUTARA.com – Pemerintah dan rakyat Amerika Serikat mendukung sepenuhnya rakyat Indonesia dalam perang melawan COVID-19. Sesuai janji Presiden Biden, Amerika Serikat menyumbangkan 4,6 juta dosis vaksin Pfizer kepada Indonesia untuk memerangi COVID-19 di bawah kemitraan dengan COVAX.

Hari ini, gelombang kedua dari 4.6 juta dosis vaksin sudah tiba di Indonesia, sisanya akan tiba dalam waktu paling lambat satu minggu ke depan. Vaksin yang aman dan efektif ini akan melindungi jiwa dan membantu mencegah penyebaran varian baru yang berbahaya di Indonesia.

“Kami percaya bahwa jalan keluar terbaik dari pandemi ini adalah dengan meningkatkan cakupan vaksinasi global. Bersama Pemerintah Indonesia dan mitra organisasi-organisasi masyarakat sipil, kami bekerja cepat untuk memberikan vaksin yang aman dan efektif ini kepada sebanyak mungkin orang,” demikian kata Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim, melalui rilis yang diterima Zonautara.com, Jumat (17/9/2021).

Sung Y. Kim menambahkan bahwa, Amerika Serikat berkomitmen untuk memimpin respons global COVID-19 karena tindakan ini benar dan akan membuat masyarakat Amerika dan Indonesia lebih aman. Amerika Serikat merasa bangga dapat terus bekerja sama dengan Indonesia untuk mengakhiri pandemi dan membangun kembali dunia yang lebih baik.

Donasi ini merupakan tambahan dari 8 juta dosis vaksin Moderna yang telah disumbangkan Amerika Serikat ke Indonesia tahun ini. Di tingkat global, Amerika Serikat telah mengirimkan lebih dari 130 juta vaksin COVID-19 dan ratusan juta lainnya sedang dalam pengiriman. Amerika Serikat juga merupakan donor terbesar untuk inisiatif vaksin global, COVAX.

Selain itu, Amerika Serikat memberikan dukungan kepada Indonesia untuk dapat mendistribusikan vaksin ini secara aman dan efektif dengan mendukung rantai dingin yang kuat agar vaksin sampai di fasilitas kesehatan dengan cepat, membantu pelatihan tenaga kesehatan, dan mendorong masyarakat untuk divaksinasi.

Sejak awal pandemi, Pemerintah AS telah memberikan komitmen lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons COVID-19 di Indonesia.

Amerika Serikat juga bekerja sama erat dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus, meningkatkan kapasitas laboratorium, surveilans penyakit, kemampuan respons cepat COVID-19, serta memastikan lebih banyak orang mengetahui apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka dan orang lain.

“Sejak bulan Maret 2020, dukungan kami telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia—angka ini merupakan 60 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Amerika Serikat telah membantu sekitar 43.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat kemampuan lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia,” ujar Sung Y. Kim.

“Kami berkomitmen untuk terus bermitra dengan Pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menyelamatkan jiwa dan berupaya menuju dibukanya kembali perekonomian Indonesia secara aman,” tutupnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com