ZONAUTARA.com — Hidup bersosial memang tidaklah mudah. Jangan harap kamu bisa mendapatkan teman baru hanya dengan duduk santai di rumah tanpa melakukan apapun. Memiliki teman harus melalui usaha yang besar.

Teman dan relasi memang penting untuk dibangun sejak dini. Banyak tujuan-tujuan kita mencari teman. Bisa sebagai teman bercerita, bisa sebagai teman jalan-jalan, atau menambah relasi.

Beberapa hal ini bisa kamu lakukan dalam usaha kamu untuk mencari teman baru.

1. Pilih hobi yang akan mengenalkanmu dengan teman baru

Hobi merupakan salah satu jembatan yang bisa mengenalkanmu pada orang baru. Pilih hobi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Dengan memiliki hobi tersebut, maka bisa saja orang dengan hobi yang sama akan datang kepadamu dan berteman denganmu.

Sejatinya, seseorang akan lebih tertarik untuk memulai pertemanan dengan orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya. Hobi menjadi salah satu kesamaan untuk modal kamu mencari teman dengan kegemaran yang sama.

2. Bergabung dengan komunitas atau kelas tambahan yang kamu suka

Setelah kamu memiliki hobi, maka ikutlah sebuah komunitas, klub, atau organisasi yang sesuai dengan hobimu. Katakanlah kamu hobi badminton, maka kamu bisa bergabung dengan klub badminton di wilayahmu dan buatlah jejaring pertemanan di sana.

Tak hanya lewat hobi, jika kamu masih pelajar, kamu juga bisa membentuk pertemanan lewat kelas tambahan di luar sekolah. Misalnya dari les matematika atau pelajaran lainnya. Berusahalah mencari teman ketika kamu punya agenda tersebut.

3. Pergi ke acara untuk berkenalan dengan orang baru

Jika kotamu mengadakan festival, karnaval, atau hal-hal lain yang merupakan helatan besar, maka datangilah. Datanglah ke acara tersebut dan buatlah jejaring pertemanan di sana.

Tak mudah memang jika kamu tak memiliki sesuatu yang sama dengan orang lain, apalagi harus bertemu di tengah pertemuan yang acak. Namun, tak ada yang tak mungkin jika kamu mau mencobanya.

4. Kenalkan dirimu pada tetangga terdekat

Tetangga merupakan seseorang yang memang seharusnya kita dekati. Kenalkan dan akrabkan dirimu dengan tetangga. Jika sulit, mulailah dengan menyapanya ketika akan pergi ke sekolah, atau saat keluar rumah. Lalu bentuk keakraban yang lebih lagi seiring dengan berjalannya waktu.

5. Hadiri undangan yang diperuntukkan untukmu

Menghadiri acara memang kadang membosankan. Namun, jangan sepelehkan undangan dari temanmu untuk menambah teman yang lain. Hadirilah acara ulang tahun temanmu, atau cara sejenis untuk berkenalan dengan orang lain di sana.

6. Jaga pertemanan dengan orang yang sudah anda kenal sebelumnya

Jika kamu sudah berhasil mengenal banyak orang, maka jangan hanya berhenti di situ, jaga pertemanan kamu agar bisa bertahan lama. Akrabkan diri dengan melakukan hal-hal mengasyikkan bersama. Ceritakan hari-harimu padanya, perkuat komunikasi agar ia tak hanya berhenti hanya sebagai kenalan saja.