ZONAUTARA.com — Masker kini telah menjadi benda wajib yang harus anda bawa dan pakai ketiap keluar rumah. Sejak adanya pandemi Covid-19, salah satu cara untuk menghindari penularan virusnya adalah dengan menggunakan masker. Namun, informasi tentang kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker mungkin jarang digaungkan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan warga Amerika Serikat untuk memakai masker jika belum divaksin, untuk mencegah penyebaran COVID-19. Virus dapat menyebar sebelum anda menyadarinya, dan masker bekerja dengan manyaring saluran pernapasan anda.

Droplet saat bernapas, berbicara, atau batuk, akan diminimalisasi menyebar ketika anda menggunakan masker. Meskipun Anda perlu memakai masker di tempat umum, anda tidak perlu memakainya setiap saat. Beberapa uraian di bawah ini bisa anda terapkan agar dapat memakai masker di saat yang tepat.

1. Ketika berada dalam ruangan di tempat umum

Jangan lupa untuk memakai masker ketika anda berada di dalam suatu ruangan, namun ruangan tersebut diperuntukkan untuk khalayak, seperti: tempat gym, café, restoran, bahkan saat berada di dalam bus.

Ketika anda berada dalam keadaan yang memaksa anda tidak bisa melakukan social distancing, maka masker menjadi satu-satunya penyaring. Namun, anda tetap perlu menghindari kerumunan.

2. Ketika akan bertemu dengan orang lain

Pada Juli 2021, CDC masih merekomendasikan untuk mengikuti pedoman social distancing jika belum divaksin, meski dalam pertemuan kecil. Jika anda memutuskan untuk bertemu dengan teman atau keluarga, cobalah melakukannya di luar, dan jangan lupa untuk menjaga jarak di antara Anda minimal 6 kaki (1,8 m) dan kenakan masker Anda.

Kita tidak pernah tahu apakah seseorang yang kita ajak bicara ini sedang terinveksi virus namun tanpa gejala, atau bahkan ia membawa virus di luar tubuhnya. Jadi lebih baik berhati-hati dan mengantisipasi sedari awal.

3. Ketika di rumah dan anda terinfeksi Covid-19

Saat anda telah terinfeksi virus Covid-19, maka sudah sewajarnya anda harus melakukan isolasi di rumah atau di kamar sendiri. Bahkan direkomendasikan untuk menggunakan kamar mandi yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya.

Untuk mengindari tertularnya anggota keluarga yang lain, tetaplah menggunakan masker saat melakukan aktivitas di rumah.

4. Jangan menggunakan masker saat olahraga jika anda memiliki masalah pernapasan

Menggunakan masker saat olahraga, apalagi ketika anda memiliki penyakit napas akan membahayakan tubuh anda. Maka lebih baik anda olah raga di rumah dan lepas masker ketika tidak ada orang di sekeliling anda.

5. Double mask untuk menambah proteksi diri

Saat ini, kabar varian delta yang lebih parah telah menyebar. Himbauan untuk menggunakan double mask sudah banyak dilakukan. Untuk berjaga-jaga, anda juga perlu melakukannya. Apalagi jika anda banyak melakukan kegiatan yang harus menemui banyak orang.