ZONAUTARA.com — Setelah hari yang panjang karena banyaknya pekerjaan, liburan merupakan salah satu pilihan untuk kembali menyegarkan otak dan melepas segala penat. Liburan akan mendatangkan kita pada suasana hati yang bahagia, hangat, dan positif.

Tentu saja hal tersebut tak berlaku pada semua orang. Beberapa orang masih membawa beban di pundaknya saat liburan. Beberapa bahkan terpaksa melakukannya karena liburan tak lagi membawa hangat, malah banyak pikiran.

Tak hanya saat liburan, stres dan rasa ketakutan juga bisa datang ketika selesai liburan. Simak ulasan berikut ini, untuk membantu anda menghadapi stres pasca liburan.

1. Pahami perasaan anda sendiri

Setelah bersenang-senang saat liburan, menghabiskan waktu dengan diri sendiri atau kerabat, lalu semuanya tiba-tiba hilang ketika anda kembali dengan aktivitas sehari-hari, memang membawa kesedihan.

Perasaan stres dan sedih ketika liburan telah berakhir memang tak bisa dihindarkan. Tidak masalah, hadapi kesedihan anda, tak perlu memaksa untuk selalu menyunggingkan senyum bahagia setiap saat.

Menangislah, bersedihlah, ungkapkan emosi anda dengan bijaksana. Ceritalah ke oranh terdekat jika perlu. Anda juga bisa menulis jurnal sebagai bentuk ekspresi kesedihan. Jangan menyembunyikan dan mengabaikan perasaan anda sendiri.

2. Lakukan liburan semampu anda

Tak perlu membuat rencana liburan ke luar negeri, atau melakukan sesuatu yang mewah ketika anda belum cukup mampu. Memaksakan diri untuk melakukannya hanya akan membuat anda mengalami kebingungan dan kesedihan pasca liburan.

Daripada memaksakan sesuatu yang anda tak mampu, maka gantilah rencana anda dengan hal lain yang sama-sama mendatangkan kebahagiaan bersama. Misalnya, memberi kado untuk keluarga, melakukan panggilan video, dan lain-lain.

3. Persiapkan liburan dengan matang

Mempersiapkan liburan dengan matang, akan menghindarkan anda dari stres yang akan datang setelahnya. Pikirkan bujet yang sesuai, destinasi yang anda inginkan, dan persiapkan hati dan raga anda untuk sepenuhnya bahagia tanpa stres setelah liburan.

4. Lakukan kegiatan menyenangkan dengan teman

Pasca liburan yang mungkin masih tetap mendatangkan stres, anda bisa mengalihkannya dengan melakukan kegiatan dengan sahabat. Menyambung kembali jejaring pertemanan dan melakukan hal yang diinginkan, akan membuat pikiran anda tenang dan lebih damai.

5. Tidak masalah untuk menolak

Salah satu hal yang membuat anda tak menikmati liburan dan pesta adalah ketika anda melakukannya secara terpaksa. Maka dari itu, tak masalah jika anda menolak berlibur dan datang ke undangan pesta jika anda memang tak menginginkannya. Memaksakan diri untuk datang hanya akan meninggalkan kesedihan dan stres pasca liburan.

6. Konsultasikan ke professional

Jika anda sudah melakukan banyak hal, namun stres masih tak kunjung hilang, maka lebih baik anda melakukan konsultasi ke professional. Professional pasti lebih tahu apa yang terbaik untuk mengurangi stres anda.