ZONAUTARA.com — Hubungan antara ayah dan anak laki-laki, perlu dipupuk sejak kecil. Bagaimana waktu yang dihabiskan seorang anak laki-laki dengan ayahnya akan membentuk dirinya di saat dewasa. Kegiatan yang melibatkan ayah dan anak akan mempererat dan mengakrabkan hubungan keduanya.

Seperti yang kita tahu, tak banyak ayah yang menghabiskan waktu duduk berdua dengan anak lelakinya, untuk sekedar saling mencurahkan isi hatinya. Perlu adanya kegiatan yang seru untuk membiarkan perasaan dan obrolan itu tersalurkan dengan natural.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa anda lakukan dengan anak lelaki anda.

1. Memancing

Memancing merupakan salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh ayah dan anak. Tak hanya ketika anak anda masih kecil, kebiasaan ini juga masih dilakukan ketika anak sudah menikah dan menginjak usia dewasa.

Obrolan demi obrolan akan terucap ketika anda dan si kecil sedang duduk menunggu ikan melahap umpannya. Bentuklah kebiasaan memancing bersama sedari dini. Jangan lupa juga untuk membawa kamera demi mengabadikan momen bersama.

2. Camping

Kegiatan luar rumah memang selalu menyenangkan ketika dilakukan dengan anak laki-laki anda. Ajak si kecil pergi camping. Ajari ia bagaimana cara menyalakan api, memasak dalam keadaan darurat, membuat tenda, menggunakan Kompas, dan aktivitas camping lainnya. Hal ini tentu selain menguatkan hubungan anda dengan anak, juga melatih anak anda terbiasa dengan aktivitas outdoor.

3. Olah raga

Hobi olah raga yang disukai oleh anak biasanya ditularkan oleh orang tuanya. Ajak anak melakukan olahraga yang anda dan ia suka. Selain menyehatkan, agenda olahraga juga akan mengakrabkan hubungan anda.

4. Menonton pertandingan olah raga

Selain berolahraga, menonton pertandingan olah raga juga menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan dengan anak lelaki anda. Anda bisa menontonnya lewat televisi, namun, akan lebih seru jika dilakukan di stadion bersama keluarga.

5. Membuat mainan sains

Anda bisa mencari beberapa referensi permainan sains di internet. Bisa dengan membuat roket terbang, atau permainan lainnya. Kegiatan semacam itu akan sangat menyenangkan bagi anak, apalagi dilakukan bersama ayahnya.

6. Melakukan kegiatan suka rela

Kegiatan volunteering bisa anda lakukan bersama buah hati anda. Ajarkan dia untuk menolong sesama dan beramal sedari dini. Melalui kegiatan ini, anda dan si kecil tak hanya berbagi, namun, anda juga bisa mengajarkan kebaikan dari kecil dan juga memperkuat hubungan anda.

7. Potong rambut bersama

Kegiatan antara ayah dan anaknya tak hanya dilakukan dengan hal-hal besar. Anda juga bisa melakukan kegiatan sederhana seperti memotong rambut bersama. Selipkan obrolan seru dengan anak anda, saat memotong rambut.