ZONAUTARA.com — Belanja merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Namun, jangan sampai belanja membuat anda lengah dengan waktu dan keuangan yang anda punya. Maka dari itu, kita perlu berbelanja secara efektif dan efisien.

Soal belanja, anda tak hanya bisa berbelanja lewat butik atau shopping mall, namun anda juga bisa berbelanja lewat e-commerce atau website toko. Saat ini, sudah banyak merek yang menyediakan belanja online. Cukup dengan klik dan produk yang anda inginkan bisa sampai di depan rumah.

Mau belanja online maupun offline, tentunya anda harus memperhatikan waktu dan uang bukan? Maka dari itu, simak tips belanja secara efektif berikut ini.

1. Tetapkan bujet

Saat merencanakan belanja, tetapkan bujet yang akan anda gunakan. Menetapkan bujet akan membuat anda lebih bisa memilih harga saat belanja dan tak membuang-buang uang.

2. Gunakan mood board untuk mencocokkan style

Mood board merupakan koleksi gambar dari pakaian yang anda inginkan. Mood board akan membantu anda lebih mudah dalam mencocokkan style, ukuran, tekstur, dan warna dari pakaian yang ingin anda beli.

3. Fokus pada daftar kebutuhan

Saat berbelanja, pasti akan banyak godaan yang menghampiri. Berbelanja tidak efektif akan menggunakan uang anda di luar daftar keinginan. Maka dari itu, fokus pada daftar kebutuhan anda dan jangan lirik hal lain meski mereka sedang menawarkan diskon.

4. Buat daftar pakaian yang sudah dipunya

Untuk menghindari terbelinya pakaian dua kali, anda perlu untuk mencatat atau sekadar mengingat pakaian yang telah anda miliki di lemari. Membeli pakaian dengan mode dan warna yang serupa hanya akan menghambur-hamburkan waktu dan uang anda.

5. Ingat-ingat ukuran tubuh anda

Saat berbelanja, penting untuk mengingat atau membawa catatan tentang berapa ukuran tubuh anda, entah itu lingkar perut, lingkar dada, panjang lengan, dan lain-lain agar pakaian yang anda beli tepat di badan anda.

6. Coba beberapa ukuran

Meski telah membawa daftar ukuran tubuh, namun, tak masalah jika anda harus mencoba beberapa ukuran. Ukuran satu baju dengan yang lain biasanya berbeda-beda. Maka dari itu, cobalah satu ukuran di atas atau di bawahnya dan tentukan mana yang lebih pas.

7. Belanja bersama teman

Memiliki teman yang bisa diajak berbelanja akan sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika ia memiliki banyak referensi style baju. Ajaklah teman anda untuk memberi beberapa rekomendasi baju yang coock untuk anda.