ZONAUTARA.COM- Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Hal ini berdasarkan surat pemberitahuan nomor 72/men/D.KG/KG.05/9/2021 yang diterima oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Bolmut.

Kepala dinas PPKBPPA Bolmut Yani Lasama mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

“Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” ujarnya.

Sebelumnya wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengungkapkan kabupaten Bolmut telah menempatkan kebijakan pengarusutamaan gender menjadi perhatian khusus sejak diterbitkannya peraturan Bupati nomor 7 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pengarustaman gender dalam pembangunan di Kabupaten Bolmut.

Yang kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran bupati tentang pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) dilingkup organisasi perangkat daerah dan surat edaran PPRG di desa kelurahan di Bolmut.

Ia menjelaskan komitmen pemerintah daerah untuk mendorong percepatan pengarusutamaan gender telah tertuang secara nyata dalam RPJMD 2018-2023 melalui salah satu misi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya.

Dengan arah tujuan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melalui tiga indikator sasaran yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat kemiskinan dan rasio ketergantungan.

Indikator ini kemudian dituangkan dalam strategi yaitu meningkatkan pelayanan, advokasi dan KIE keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Dan arah kebijakan yaitu meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam program keluarga berencana pemberdayan perempuan dan perlindungan anak,” jelasnya.

Wabup menambahkan tahun 2020 persentase anggaran responsif gender di Kabupaten Bolmut sebesar 3,78 persen dari total belanja langsung tahun 2020 atau sebesar Rp15.057.840.532.

“Ini merupakam wujud komitmen dan keseriusan kami pemerintah daerah dalam mendorong percepatan pengarusutamaan gender di Kabupaten Bolmut,” ujarnya.