Jangan memanjakan anak, ini yang bisa anda lakukan

  • Share
jangan memanjakan anak
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.COM — Jangan selalu memanjakan anak anda. Sadarilah bahwa saat ini, kita hidup pada lingkungan sosial yang sulit dan penuh rintangan dalam mencapai sesuatu. Terkadang, manusia menjadi lebih tidak tahu arah bagaimana ia harus bertahan hidup di tengah kesulitan. Maka dari itu, si kecil perlu untuk ditempa agar tidak manja sejak dini.

Salah satu cara untuk menempa anak, adalah dengan tidak terlalu memanjakannya. Memanjakan anak, selalu mencegahnya melakukan hal-hal yang ekstrem, dan mendikte, hanya akan mematikan pemikiran kreatifnya. Kemampuan menyelesaikan masalahnya pun terhambat karena harus dihalangi oleh orang tua yang terlalu memanjakan.

Maka dari itu, berikut ini merupakan hal-hal yang bisa anda lakukan agar tak selalu memanjakan anak anda.

1. Biarkan ia bermain hal-hal yang ia suka

Awal mula orang tua yang terlalu memanjakan anaknya adalah dengan mencegahnya melakukan beberapa hal yang berisiko. Semua kegiatan memiliki risikonya masing-masing. Berlebihan, jika melarangnya melakukan ini dan itu, karena hanya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangannya.

Baca Pula:  Cara mendongeng agar menarik dan menyenangkan si Kecil

Biarkan dia melakukan hal yang dia suka. Jika pun dia menemui kesulitan, peran anda untuk membangkitkan semangatnya dan membantunya menyelesaikan masalah. Bukan mencegahnya melakukan dari awal.

2. Beri kebebasan yang bertanggung jawab

Jangan memenjarakan anak anda dan membiarkannya keluar jika berada di pengawasan anda. Itu akan membuatnya tak nyaman. Daripada melakukannya, lebih baik anda mengajari bagaimana dia menghadapi orang asing dan menghindari masalah, lalu biarkan dia pergi. Beri dia kebebasan, namun, tetap ajarkan dia bertanggung jawab.

3. Jangan selalu membelanya

Jangan serta merta membela anak jika dia melakukan sebuah kesalahan. Pahami kondisi dan situasinya terlebih dahulu. Jika pun dia yang melakukan salah, maka tugas anda untuk memberi tahu bagaimana dia seharusnya bersikap.

Membela anak terus-menerus hanya akan membuatnya manja sampai dewasa. Dia akan merasa tak masalah jika melakukan kesalahan, karena akan ada anda yang selalu membelanya dalam situasi apapun.

Baca Pula:  Tetap menjadi ayah yang baik meski sibuk melakukan perjalanan bisnis

4. Ajari anak melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu

Untuk mendapat makanan, ia perlu anda ajari untuk memasak. Untuk mendapat buah-buahan, ia perlu anda ajari untuk menanam. Dan pelajaran lainnya, bisa anda ajarkan untuk si kecil. Hal ini akan melatih dia untuk berusaha keras sebelum mendapatkan hasil yang baik. Sehingga ia tak cuma mengandalkan orang tuanya.

5. Pusatkan pujian pada pencapaian tertentu

Terkadang, orang tua selalu memuji anaknya pada semua yang anaknya lakukan. Sadari bahwa ada hal-hal yang kita bisa dan ada hal-hal yang kita tidak bisa. Selalu memujinya dalam segala hal hanya akan membuatnya tidak perlu melakukan hal lain dan mengembangkan dirinya.

Daripada memuji tanpa pandang bulu, pusatkan pujian anda pada pencapaian tertentu yang anak anda raih. Anda juga bisa memuji usaha kerasnya dalam melakukan sesuatu.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com