bar-merah

Kabar gembira! Indonesia terbebas dari zona merah

Peta Resiko Covid-19
Sumber: https://covid19.go.id/peta-risiko

ZONAUTARA.com – Indonesia dalam sepekan terakhir ini telah terbebas dari zona merah atau wilayah yang memiliki tingkat penularan virus Covid-19 tinggi.

Kondisi tersebut berdasarkan data yang dirilis oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 19 September yang baru dirilis pada hari ini, Rabu (22/9).

Saat ini, tercatat nol sebaran zona merah, sementara sepekan sebelumnya zona merah tersisa di Kota Banda Aceh, Aceh.

Zona risiko sendiri dihitung berdasarkan beberapa indikator menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator tersebut meliputi indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut, Satgas juga mencatat zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19 yang mengalami penurunan jumlah. Dari pekan lalu yang tercatat sebanyak 89 wilayah zona oranye, maka pekan ini berkurang menjadi 31 kabupaten/kota zona oranye.

Sementara itu, zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 mengalami peningkatan menjadi 481 wilayah, dibandingkan data pekan lalu yang mencatat 423 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning. Seluruh kabupaten dan kota administrasi di DKI Jakarta masuk kategori ini.

Untuk zona hijau, Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat dan Kabupaten Intan Jaya di Papua menjadi dua daerah yang melaporkan tidak ada penambahan kasus. Adapun satu wilayah yang dilaporkan tidak terdampak virus corona hingga Juli lalu, yakni Kabupaten Dogiyai di Papua, kini masuk kategori zona kuning.

Sehingga secara kumulatif, sebanyak 4.195.958 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 4.002.706 orang dinyatakan pulih, 52.447 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 140.805 lainnya meninggal dunia.

Sedangkan, data harian per Selasa (21/9) melaporkan penambahan kasus positif baru sebanyak 3.263 orang. Pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 6.581 pasien, dan 171 kasus meninggal baru.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com