Tetap menjadi ayah yang baik meski sibuk melakukan perjalanan bisnis

  • Share
menjadi orangtua sibuk yang tetap bisa dekat dengan anak
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Sebelum menjadi orang tua, sibuk melakukan perjalanan bisnis bukanlah sesuatu yang besar. Anda bisa ke mana pun tanpa khawatir ada anak dan istri yang menunggu di rumah. Namun, semuanya berubah ketika anda telah menjadi sosok ayah.

Anak-anak anda tentu akan kehilangan sosok ayah jika anda sibuk melakukan perjalanan bisnis dan jarang menetap di rumah. Anda tetap perlu menyelesaikan pekerjaan anda secara profesional, namun, anda juga tetap harus menjadi ayah yang baik bagi anak-anak anda.

Berikut ini beberapa cara agar tetap menjadi sosok ayah di rumah meski sibuk melakukan perjalanan bisnis.

1. Katakan pada anak berapa lama anda melakukan perjalanan

Anak anda perlu mengetahui berapa lama anda melakukan perjalanan bisnis. Katakan pada anak berapa lama waktunya, daripada seberapa jauh perjalanan bisnis anda. Mengatakan bahwa perjalanan anda jauh akan membuat anak khawatir.

Jika anak anda masih belum mengerti waktu, anda bisa mengatakannya dengan cara lain seperti anda akan kembali setelah melewati lima malam.

2. Sebelum berangkat, lakukan riset perjalanan dengan anak

Lakukan riset tentang tempat yang anda tuju dengan anak sebelum anda berangkat. Carilah destinasi bisnis anda di peta digital, tunjukkan di mana daerah tersebut, bagaimana suasana dan cuaca di sana. Carilah tempat wisata alam di sana.

Baca Pula:  Manfaat menulis buku catatan harian

3. Biarkan mereka membantu anda mengemasi barang

Manfaatkan waktu anda untuk mempererat hubungan dengan si kecil sebelum melakukan perjalanan bisnis. salah satu hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membiarkan mereka membantu anda mengemasi barang-barang.

Dengarkan rekomendasi mereka tentang baju apa yang cocok anda gunakan sesuai dengan cuacanya, lalu terima masukkan mereka untuk membawa berapa setel baju untuk pergi ke sana.

4. Lakukan panggilan video

Saat anda sudah berada dalam perjalanan bisnis, jangan memutus kontak dengan mereka. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, anda bisa melakukan panggilan video ketika anda memiliki waktu luang. Jika bisa, lakukan satu kali dalam satu hari.

Ceritakan bagaimana perjalanan bisnis anda, apa yang anda lakukan. Tanyakan juga pada mereka, bagaimana mereka menghabiskan waktunya di sekolah dan saat bermain dengan teman-temannya.

Baca Pula:  Pentingnya mengetahui golongan darah

5. Beri update dokumentasi tentang perjalanan anda

Selain melakukan panggilan video, anda juga bisa memberi update perjalanan bisnis anda melalui chat dan mengirim foto. Terlebih, jika anak anda memiliki kesukaan terhadap sesuatu, dan anda bisa menemukannya ketika melakukan perjalanan bisnis, maka beri dokumentasinya untuk menyenangkan hatinya.

6. Beri mereka oleh-oleh

Saat perjalanan bisnis telah selesai, jangan lupa untuk membawa buah tangan untuk si kecil. Tak perlu membawa sesuatu yang mahal. Cukup dengan yang sederhana, namun berkesan. Misalnya, pin atau gantungan yang menggambarkan suatu negara yang anda kunjungi. Buat hadiah bervariasi tiap anda melakukan perjalanan bisnis.

7. Bangun kontak lebih intim ketika anda sudah berada di rumah

Perjalanan bisnis mungkin akan membuat anda tertinggal beberapa hal yang dilakukan oleh keluarga di rumah. Maka anda perlu melakukan penyesuaian dan mengetahui berbagai update yang terjadi.

Anda juga bisa mengajaknya lebih sering bermain bersama dan menghabiskan waktu bersama dengan anak, saat sudah pulang dari perjalanan bisnis yang panjang.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com