bar-merah

70 rumah warga terendam akibat banjir yang melanda dua desa di Bolmut

Banjir yang melanda Bolmut. (Dok BPBD Bolmut)

ZONAUTARA.COM- Hujan lebat yang melanda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengakibatkan dua desa dilanda banjir.
BPBD kabupaten Bolmut melaporkan banjir melanda dua desa yaitu Busisinggo dan Mukosato di Kecamatan Sangkub. Peristiwa ini berlangsung pada Rabu 22 September 2021 sekitar pukul 11.15 Wita.    

Banjir tersebut dipicu oleh hujan berintensitas tinggi sehingga debit air Sungai Sangkub meluap. Pantauan TRC BPBD pada tinggi muka air berkisar 30 hingga 75 cm. Peristiwa ini mengakibatkan 70 rumah warga terendam. Di samping itu, sebanyak 4 KK atau 11 jiwa mengungsi ke tempat yang aman. 

BPBD telah merespons banjir di dua desa dengan mengerahkan personel untuk penanganan darurat. Pihaknya berkoordinasi dengan aparat pemerintah desa guna pendataan dan kesiapsiagaan apabila ada warga membutuhkan evakuasi atau pertolongan. 

Sementara itu, berdasarkan  analisis inaRISK, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki 6 kecamatan yang berpotensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi. Kecamatan Sangkub termasuk dari wilayah kecamatan dengan potensi tersebut. 

Masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun angin kencang. BMKG telah merilis potensi cuaca ekstrem, khususnya wilayah-wilayah yang mengalami peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan.

Di sisi lain, BMKG juga menyebutkan dalam siaran pers pada Rabu 22 September 2021 fenomena gelombang atmosfer yang teridentifikasi aktif di sekitar wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Sulawesi, dapat memicu cuaca ekstrem. 

Sepekan ke depan hampir sebagian wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Wilayah yang berpotensi antara lain Sulawesi Utara. 



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com