ZONAUTARA.COM — Hingga kini, proses pengelolaan nilai hasil seleksi Kompetensi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru masih berlangsung.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), resmi menunda pengumuman hasil seleksi PPPK.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, sekaligus Ketua Panitia Seleksi PPPK JF Guru, Iwan Syahril.

Kendati demikian, Iwan tak banyak bicara soal tindak lanjut penundaan tersebut. Dirinya hanya mengatakan bahwa akan ada pengumuman lebih lanjut.

“Sehubungan dengan masih berlangsungnya proses pengolahan nilai Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK, bersama ini kami sampaikan bahwa pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK yang semula dijadwalkan tanggal 24 September 2021, ditunda sampai pengumuman lebih lanjut,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Jumat (24/09/2021).

Sebelumnya, pengumuman seleksi PPPK ini sempat menuai protes. Banyak pihak yang meminta untuk menunda pengumuman. Ketua Komisi X DPR RI Fraksi PKB, Saiful Huda, mendesak agar Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, menunda pengumuman itu karena proses seleksi PPPK sarat dengan masalah.

Dalam rapat bersama Komisi X DPR, Iwan Syahril lantas mengatakan, Kemendikbudristek bakal meminta Panselnas untuk menunda pengumuman seleksi PPPK guru.

“Kami hari ini sudah dalam proses dengan Panselnas, untuk mengundur seleksi tahap pertama. Kami mendengar berbagai aspirasi. Kami akan perjuangkan di Panselnas dan kami akan minta pengunduran hasil seleksi sehingga bisa kita bahas kembali,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan Nadiem, guru honorer yang akan diangkat menjadi PPPK pada tahap satu ini, sebanyak 100 ribu guru.