bar-merah

Masuk mall pakai PeduliLindungi, begini cara daftarnya

ZONAUTARA.com – Dipakai sebagai syarat berbagai kegiatan, aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi aplikasi wajib bagi masyarakat di Indonesia.

Salah satu aktivitas yang harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi adalah memasuki pusat perbelanjaan atau mall.

Untuk itu, perlu sekali mengetahui cara yang benar untuk mendaftar dan mengopersikan aplikasi PeduliLindungi.

Dengan mengetahui cara daftar aplikasi PeduliLindungi, nantinya saat berada di mall anda tidak bingung dan langsung bisa scan barcode atau QRcode.

Fungsi aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk mall adalah untuk melakukan check in. Tapi bagaimana cara daftar aplikasi PeduliLindungi ini? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Unduh dan instal aplikasi PeduliLindungi lewat PlayStore atau App Store smartphone Anda.
  • Buka aplikasi setelah selesai diinstal, dan izinkan akses lokasi yang diminta. Akses lain seperti penyimpanan juga harus diberikan agar aplikasi bisa berjalan optimal.
  • Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel atau email, serta Nomor Induk Kependudukan sesuai dengan KTP Anda.
  • Bila akun sudah didaftarkan, lakukan login dengan nomor ponsel atau email yang tadi dimasukkan.
  • Masukkan kode OTP, yang dikirimkan melalui SMS, ke dalam aplikasi tersebut sebagai bentuk verifikasi.
  • Setelah berhasil login, Anda akan melihat tampilan aplikasi PeduliLindungi. Anda bisa mendapatkan informasi seperti Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code untuk masuk ke mall, Teledokter, Info Penting, Diary Perjalanan, dan Paspor Digital.
  • Nah, fitur Scan QR Code itu yang akan digunakan untuk check in di mall atau tempat umum lain yang menerapkan pembatasan kapasitas dan protokol kesehatan ketat.
  • Anda tinggal Scan QR Code yang terpajang di pintu masuk tempat umum, seperti mall atau kafe dan sejenisnya.
  • Jika sudah melakukan vaksinasi Covid-19, maka akan muncul nama Anda yang terverifikasi, untuk status vaksinasi dan lokasi vaksinasi dilakukan.
  • Tunjukkan akses yang diperbolehkan ini pada petugas, sebagai bukti Anda sudah divaksin dan diperbolehkan mengunjungi fasilitas umum dengan protokol kesehatan ketat.
  • Pada aplikasi tersebut juga akan tertera status tes antigen atau PCR terbaru Anda, yang terhubung langsung dengan hasil tes terbaru. Jadi, akan ada update ketika Anda selesai melakukan tes, mengenai status dan perizinan mengunjungi tempat umum.

Demikian penjelasan mengenai tata cara daftar PeduliLindungi, selamat mencoba.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com