ZONAUTARA.com — Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, banyak alat transportasi yang telah dikembangkan. Salah satunya transportasi udara berupa pesawat. Perjalanan lewat udara ini telah menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari ekonomi global.

Transportasi udara banyak dipilih untuk perjalanan jarak jauh karena memiliki kecepatan dan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Dari situ, beberapa negara, bahkan kota di dunia mulai banyak mengembangkan bandara untuk memfasilitasi pertumbuhan pasar yang semakin meningkat dalam pemanfaatan transportasi udara.

Jenis bandara pun sekarang tak main-main. Ada yang super megah, mewah, sampai sangat besar. Berikut ini beberapa bandara terbesar di dunia berdasarkan luas mil perseginya.

1. King Fahd International Airport, Saudi Arabia (299.61 mil per segi)

Bandara internasional King Fahd ini terletak di Dammam, Arab Saudi. Berdasarkan wilayahnya, bandara ini merupakan bandara terbesar di dunia. Luasnya yang hampir 300 mil persegi, membuatnya memiliki ukuran yang serupa dengan kota New York.

2. Denver International Airport, United States (53.09 mil per segi) 

Bandar udara internasional Denver, memiliki landasan pacu 16R/34L, dengan panjang 16000 kaki, yang menjadikannya landasan pacu terpanjang ke tujuh di seluruh dunia. Saat ini, DEN memiliki layanan non-stop ke 215 tujuan dengan 23 maskapai penerbangan.

3. Dallas/Fort Worth International Airport, United States (26.88 mil per segi)

Bandara internasional Dallas (DFW), merupakan bandara terluas ke tiga di dunia. Ia juga merupakan bandara tersibuk ke empat berdasarkan lalu lintas penumpangnya di tahun 2020.

4. Orlando International Airport, United States (20.78 mil per segi)

Bandara udara ini bertempat sekitar 10 km tenggara dari pusat kota Orlando, Florida. Di tahun 2019, bandara Orlando mendapatkan predikat bandara tersibuk ke sepuluh di Amerika Serikat, dengan 50.613.072 penumpang.

5. Washington Dulles International Airport, United States (18.75 mil per segi)

Biasa disebut dengan Bandara Dulles, bandara internasional ini terletak di Loudoun County dan Fairfax County, di Virginia. Dulles memiliki penumpang internasional terbanyak di antara semua bandara di Atlantik Tengah, di luar wilayah New York.

6. Beijing Daxing International Airport, China (18 mil per segi)

Bandara Beijin Daxing memiliki fasilitas total 7.5 kaki persegi, hampir seukuran dengan 130 lapangan speak bola. Sangat luas bukan? Beijing Daxing dibangun dengan bentuk seperti bintang laut untuk memudahkan jalan keluar bagi penumpang. Bandara ini pun diproyeksikan akan menjadi bandara tersibuk di dunia pada tahun 2040.