ZONAUTARA.COM — Air sangat dibutuhkan untuk hidup kita. Bahkan tubuh kita sendiri mengandung sekitar 60 sampai 70 persen air dari berat tubuh kita. Secara teori, manusia bisa hidup tanpa air selama 100 jam. Namun kenyataannya, kondisi dehidrasi bisa lebih singkat dari itu. Maka dari itu, air sangat penting untuk tubuh kita.

Mari berandai-andai, jika kita sendirian di alam semesta, maka penting untuk mengetahui keberadaan air di planet atau lokasi lainnya. Berikut ini beberapa lokasi di tata surya yang mengandung air.

Europa

Europa merupakan salah satu bulan galilea dari planet Jupiter. Ia memiliki banyak sekali cadangan air. Kerak es di Europa memiliki ketebalan sekitar beberapa ribu meter hingga 30 kilometer.

Terlebih lagi, lautan di bawahnya diperkirakan memiliki kedalaman 100 kilometer. Jika perkiraan itu benar, maka Europa memiliki air lebih banyak tiga kali lipat daripada semua laut di bumi.

Ganymede

Sama seperti Europa, Ganymede merupakan bulan galilea dari Jupiter. Ganymede merupakan objek terbesar kesembilan di tata surya. Perkiraan adanya lautan di bawah permukaan es Ganymede terjadi karena ia merupakan salah satu bulan di tata surya dengan medan magnetik.

Karena interaksinya dengan Jupiter, terdapat pergerakan medan magnet bulan yang mengindikasikan adanya samudera air asin yang besar di Ganymede. Diperkirakan tebalnya mencapai 150 kilometer dengan kedalaman 100 kilometer.

Mars

Air di Mars terletak di danau kecil di bawah gletser di kutub. Danau ini berada di 1.5 kilometer di bawah lapisan es. Sebagain kecil air dapat ditemukan di atmosfer. Diprediksi bahwa lapisan es di Mars dapat cair disebabkan oleh mineral di Mars.

Uranus dan Neptunus

Uranus dan Neptunus memang dikenal sebagai “ice giant” atau raksasa es. Giant es tersebut diyakini memiliki lautan air superkritis. Di mana, air berada pada suhu dan tekanan di atas titik kritis. Di sana, cairan dan gas tidak bisa dibedakan. Air superkritis ini totalnya adalah dua per tiga dari massa Uranus dan Neputus.

Titan

Titan merupakan bulan terbesar dari planet Saturnus yang merupakan bulan terbesar di tata surya setelah Ganymade. Air es dan air, diperkirakan berada di bawah permukaan. Karena gaya pasang surut di bulan, ilmuwan percaya bahwa terdapat banyak air di bawah permukaan Titan.

Meski tempat-tempat tersebut memiliki banyak air, namun, untuk pergi ke sana menjadi pertimbangan yang lain.