ZONAUTARA.COM — Bumi akan selalu menerima panas dari matahari. Tiap tahun, terdapat rekor lokasi dengan suhu terpanas di dunia. Artikel ini akan memaparkan tentang daerah terpanas di dunia.

Di bagian bumi utara, Bulan Juni, menjadi bulan yang sangat menyengat. Di provinsi Brithis Columbia, Kanada, suhu melonjak hingga 50 derajat Celsius atau 122 fahrenheit. Suhu yang panas ini menyebabkan adanya 486 kasus kematian mendadak. Panas ini juga merusak jalanan dan melelehkan aliran listrik.

Rekor Suhu Tertinggi

Tahun ini, di kota Bernama Lytton, sekitar 200 kilometer dari kota Vancouver, mencapai suhu 49,6 derajat Celsius, pada tanggal 29 Juni. Suhu ini tercatat sebagai suhu tertinggi di seluruh kanada. Akibat suhu yang terlalu panas, pusat vaksinasi, sekolah, dan kampus di seluruh Brithis Coloumbia ditutup.

Rekor yang lain terjadi di Portland, sebuah kota yang terletak di negara bagian Oregon Amerika Serikat. Suhu di sana mencapai 46,6 derajat Celsius, menjadikannya suhu tertinggi sepanjang masa di sana, mengalahkan suhu tertinggi sebelumnya, yang mencapai 41,6 derajat Celsius di tahun 1965.

Panas di Indonesia

Di Indonesia sendiri, rekor suhu terpanas terjadi di kota Semarang, tahun 2015. Suhunya mencapai 39,5 derajat Celsius.

Agustus lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menampilkan data kota terpanas di Indonesia. Kota Surabaya, mencapai ­urutan pertama dengan suhu 36 derajat Celsius, pada 25 Agustus. Menyusul di urutan kedua, Desa Tiwatobi, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mencapai 35,6 derajat Celsius, pada 27 Agustus.

Tempat terpanas di bumi 2021

Dari banyaknya rekor di berbagai negara, panas di bumi sejauh ini jatuh kepada Kota Nuwaiseeb di Kuwait. Panasnya mencapai 53,2 derajat Celsius pada 22 Juni. Disusul dengan Irak yang suhunya mencapai 51,6 derajat pada 1 Juli.

Selanjutnya, daerah Omidiyeh, Iran, memiliki suhu maksimum 51 derajat Celsius. Beberapa negara di Timur Tengah lainnya mencatat suhu yang lebih tinggi dari 50 derajat Celsius di bulan Juni.

Suhu tertinggi yang tercatat secara resmi

Saat ini suhu tertinggi yang tercatat secara resmi di antaranya, 56,7 derajat Celsius di Death Valley California pada tahun 1913. Di Afrika, suhu terpanas yang tercatatat adalah 55 derajat Celsius di Kebili, Tunisia tahun 1931. Untuk Asia, tercatat di Iran dengan 54 derajat Celsius di tahun 2017.