ZONAUTARA.COM — Hingga saat ini, suntikan dosis ketiga, vaksin Covid-19, hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, asisten nakes, dan tenaga penunjang lain yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam SE HK.02/I/1919/2021 yang diterbitkan pada 23 Juli 2021.

Untuk vaksin dosis ketiga yang diperuntukkan bagi Presiden dan sejumlah pejabat tinggi, dijadwalkan akan disuntikkan 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/09/2021).

“Rencana [booster vaksin Presiden Jokowi] di 2022 ya,” kata Nadia.

Kendati demikian, Nadia tak menginformasikan lebih lanjut, jenis vaksin covid-19 apakah yang bakal diberikan kepada mantan wali kota Solo itu. Nadia menyebut, saat ini Kemenkes masih menyusun kebijakan booster vaksin covid-19 untuk non-nakes.

Nantinya, skema pemberian booster akan dilakukan secara berbayar. Namun demikian, bagi peserta BPJS Kesehatan, golongan penerima bantuan iuran (PBI), akan dibiayai negara.

Sementara, untuk golongan masyarakat non PBI, biaya akan ditanggung oleh masyarakat sendiri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, sempat menjamin harga vaksin booster tidak akan mahal, dan menurut perhitungan pemerintah, harga suntikan akan berkisar Rp100 ribu.

“Saat ini belum final ya kebijakannya,” imbuh Nadia.

Kendati demikian, Kemenkes menyebut, Jokowi baru akan menerima booster tahun depan, namun diketahui sejumlah pejabat mengaku kepada Jokowi perihal sudah mendapat booster vaksin. Pengakuan itu terdengar dalam rekaman video saat Jokowi dan sejumlah pejabat melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur, Selasa (24/08/2021) lalu.

Dalam rekaman itu terungkap sejumlah pejabat seperti Gubernur Kaltim Isran Noor, hingga Panglima TNI Hadi Tjahjanto, ternyata sudah mendapat suntikan dosis ketiga.

Apabila menilik negara lain, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, diketahui juga telah menerima booster vaksin covid-19 menggunakan produksi Pfizer pada Senin (27/09/2021), waktu setempat.

AFP melaporkan bahwa Biden menerima suntikan ketiga vaksin itu di Gedung Putih. Ia disuntik dosis ketiga ini setelah pihak berwenang di AS mengizinkan pemberian booster vaksin Covid-19 bagi warga berusia 65 tahun ke atas.

Biden bukan yang pertama, sebelumnya telah ada Perdana Menteri Israel Naftali Bennett yang telah lebih dahulu menerima suntikan ketiga vaksin covid-19 Pfizer pada 20 Agustus lalu.