ZONAUTARA.com — Nasi, adalah salah satu makanan pokok yang terkenal di berbagai belahan di dunia. Bahkan, nasi menjadi salah satu menu diet, lho! Tak hanya di Indonesia, olahan nasi khas berbagai negara juga bermacam-macam. Berikut ini beberapa jenis olahan nasi dari berbagai negara.

1. Jollof Rice

Jollof Rice merupakan olahan nasi yang berasal dari Afrika barat. Jollof rice biasanya dimasak dengan tomat, bawang merah, dan paprika.

Jollof rice yang kaya akan karbohidratnya biasanya didampingi dengan sumber protein. Di antaranya: daging domba, ikan, sapi, hingga ayam.

2. Paella

Paella merupakan makanan dari olahan nasi yang berasal dari Valencia. Merupakan salah satu hidangan paling terkenal di Spanyol.

Ia dimasak dengan panci tradisional yang dangkal dan melebar, dengan diameter raksasa. Paella dimasak di api terbuka.

Nasi ini dicampur dengan bajoqueta, kacang polong, dan tavella, salah satu varietas kacang hijau. Ia juga dipadu padankan dengan daging kelinci, ayam, maupun bebek.

3. Risotto

Anda pasti pernah mendengar istilah Risotto, meski mungkin belum pernah mencicipinya. Olahan nasi satu ini merupakan hidangan asli Italia Utara. Nasi dimasak dengan kaldu hingga menjadi krim.

Kuah risotto biasanya berasal dari daging ikan maupun sayuran. Risotto umumnya mengandung mentega, bawang, anggur putih, dan keju parmesan. Saffron juga terkadang digunakan untuk menciptakan warna kuning yang khas.

4. Cơm tấm

Cơm tấm merupakan hidangan nasi dari Vietnam. Ia utamanya terdiri dari beras yang rusak saat penggilingan. Ia juga biasa dicampur dengan iga babi panggang (Sườn nướng). sebagai pendamping, Chả trứng atau telur dadar kukus ala Vietnam akan memperkaya rasa makanan.

Masakan ini juga terdiri dari beraneka sayuran untuk menambah protein nabati dan vitamin, seperti mentimun, tomat, dan acar wortel atau lobak. Terakhir, ia juga dibumbuhi dengan saus ikan campuran atau Nước mắm pha yang dihidangkan terpisah di samping hidangan Cơm tấm.

5. Nasi Goreng Yang Zhou

Merupakan nasi goreng wajan ala Tiongkok. Nasi goreng ini tak hanya populer di negara asalnya, namun juga di berbagai negara. Nasi goreng Yang Zhou memiliki banyak protein karena terdiri dari campuran daging babi, udang, ayam, maupun bebek.

Selain nasi dan bermacam-macam daging yang kaya protein, nasi ini juga biasanya dihidangkan dengan babi panggang atau sosis lup cheong, sayuran segar seperti wortel, kacang polong, jagung, rebung, kai-lan, dan lain-lain, serta telur dan teripang.

Itulah beberapa olahan nasi yang ada di dunia. Tertarik untuk mencobanya? Atau tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?