ZONAUTARA.COM — Berjalan lamban, laga cabang olahraga sepak bola Grup B Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dimenangkan tim Sumatera Utara (Sumut) dengan skor 0-1.

Meski telah bermain dengan penuh kehati-hatian, Tim Sulawesi Selatan (Sulsel) harus tetap tabah menghadapi kekalahan.

Laga yang digelar di Lapangan Universitas Cenderawasih (Uncen) Mahacandra, Waena, Kota Jayapura, Kamis (30/09/2021) tersebut tampak minim peluang, serta berakhir tanpa gol di babak pertama.

Babak kedua kian panas, kedua tim saling mengejar gol. Sayangnya, tim Sulsel tetap tak mampu mencetak gol.

Keberuntungan akhirnya berpihak kepada tim Sumut. Anak asuh mantan pesepak bola Liga Indonesia, Colly Misrun itu berhasil menjebol gawang Sulsel di menit ke-67, babak kedua melalui sepakan keras yang dilesakkan oleh Kevin Armedyah Nur Erwihas, dari luar kotak penalti.

Sulsel yang tak ingin akhiri laga tanpa poin nampak ngotot dan terus bermain menyerang. Tapi usaha yang dilancarkan anak-anak Bumi Anging Mamiri itu tak juga membuahkan hasil.

Peluit akhir dibunyikan oleh sang pengadil, Sulsel harus menerima kekalahan kedua mereka di Grup B dan membuat mereka mustahil lolos ke babak selanjutnya.

“Kami sudah berusaha maksimal di pertandingan tadi, tapi apalah daya, dewi fortuna belum berpihak dan kami berharap menang tapi belum rejeki tapi kita masih berjuang untuk di laga berikutnya meskipun kami belum pasti lolos,” kata asisten pelatih Sulsel, Fajri Hamzah usai laga.

“Saya dan rekan-rekan sudah berjuang di laga ini dan sudah beusaha semaksimal mungkin, tapi inilah hasil yang kami dapat, tapi kita tetap bersyukur. Kita masih optimis dan tidak mau kendurkan semangat,” kata kapten tim Sulsel, Sulkifli.

Sementara, pelatih tim Sumut, Colly Misrun, mengaku puas dengan hasil yang didapat anak asuhnya. Dirinya tetap optimistis timnya bisa menjadi juara grup.

“Stamina pemain kita memang berkurang tapi kami yakin di laga berikutnya kami bisa lebih maksimal lagi. Kita tetap optimis di puncak klasemen,” ujar Misrun.

“Perjuangan hari ini cukup bagus yang sudah ditunjukkan oleh rekan-rekan di lapangan, semoga di pertandingan selanjutnya, kita bisa diberikan kemenangan lagi. Intinya, kerja sama tim di laga selanjutnya,” kata kapten tim Sumut, Vikra Seifahlepi menambahkan.

Kekalahan tersebut memperkuat pupusnya harapan Sulsel melaju ke babak selanjutnya. Pasalnya, Sulsel sebelumnya juga kalah saat berhadapan dengan Jawa Timur.

Hingga kini, puncak klasemen Grup B masih diduduki Sumut dengan 4 poin dari hasil sekali menang dan sekali imbang.

Susunan pemain

Sulawesi Selatan: Muhammad Rizaldy, Muhammad Fitrah Qardiansyah, Fathuryan, Ahmad Wadil Ariyadi Abidin, Sulkifli (C), Muhammad Fahmikhul Haldi, Herfan H, Al Asyahri Tahmil, Anugrah, Muhammad Yusril, Ardiansyah Usman

Sumatera Utara: Muhammad Irfan, Rian Ramadan, Muhammad Yudi Safrizal, Rifki Wahyudi, Rio Syahputra Damanik, Faisal Ramadoni, Muhammad Tio Aditya, Kevin Armedyah Nur Erwihas, Vikra Seifahlepi (C), Purnomo, Muhammad Fardan Azmi Harahap.