ZONAUTARA.COM — Pekan Olahraga Nasional (PON) XX resmi dibuka hari ini, Sabtu (02/10/2021), Presiden Joko Widodo terbang ke Jayapura, guna menghadiri pembukaan tersebut.

Pasca memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lobang Buaya, Jakarta Timur. Presiden Jokowi dan rombongan bertolak pukul 09.20 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Berdasarkan keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jumat (01/10/2021), agenda presiden mendatangi Papua bukan hanya untuk membuka PON, tapi juga untuk meresmikan sejumlah infrastruktur.

Dikabarkan, Presiden Jokowi dan rombongan mendarat di Bandara Sentani. Ia bermalam di Jayapura dan baru akan beraktivitas hari ini.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu didampingi sejumlah pejabat negara dalam kunjungan ke Papua. Beberapa di antaranya, adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Selain itu, turut serta Sekretaris Militer Presiden Marsda M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Untuk pertama kalinya, perhelatan olahraga terbesar di Indonesia digelar di Provinsi Papua. Penyelenggaraan PON XX Papua sempat diragukan karena pandemi Covid-19 dan kontak senjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan aparat TNI-Polri.

Meski begitu, pemerintah tetap melanjutkan persiapan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjamin keamanan perhelatan tersebut.

Mahfud, dalam keterangan tertulis telah memastikan, segala sudut keamanan telah diantisipasi berlapis.

“Penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak seram gitu, karena ini pesta olahraga,” tandas Mahfud.